PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (Direct Instruction) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI SMP ASSA’IDIYAH KEPANJEN MALANG

IMELDA PUTRI MILADIA, 126211202053 (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (Direct Instruction) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI SMP ASSA’IDIYAH KEPANJEN MALANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (873kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada pembelajaran fisika sebagai besar menunjukan pembelajaran dilakukan tidak sesuai hakikatnya. Belajar fisika seringkali hanya soal berlatih menggunakan rumus khususnya tanpa mengetahui apa arti sebenarnya dibalik rumus dan bilang-bilangan tersebut. Sehingga dapat mengurangi motivasi dan pemahaman setiap peserta didik untuk menginterpretasikan konsep-konsep fisika. Model pembelajaran menjadi salah satu faktor pendukung dalam proses pembelajaran di dalam kelas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar setiap peserta didik. Peneliti menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) dalam penelitiannya. Karena model pembelajaran langsung (direct instruction) mampu melibatkan guru dan peserta didik lebih aktif terutama dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap motivasi peserta didik pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII SMP Assa’idiyah Kepanjen Malang. 2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII SMP Assa’idiyah Kepanjen Malang. 3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII SMP Assa’idiyah Kepanjen Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Assa’idiyah Kepanjen Malang berjumlah 120 peserta didik dan sampelnya adalah kelas VIII-A dengan jumlah 27 peserta didik dan VIII-D 27 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Cara pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi, soal pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis berupa uji-t dan uji MANOVA.xiii Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap motivasi belajar pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di SMP Assa'idiyyah Kepanjen Malang. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikansi (2-tailed) dapat diperoleh sebesar 0,009 dimana nilai signifikansinya < 0,05 atau 0,009 < 0,05. 2) Ada pengaruh model pembelajaran pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap hasil belajar pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di SMP Assa’idiyah Kepanjen Malang Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikansi (2-tailed) dapat diperoleh sebesar 0,002 dimana nilai signifikansinya < 0,05 atau 0,002 < 0,05. 3) Ada pengaruh model pembelajaran pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di SMP Assa’idiyah Kepanjen Malang Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikansi dapat diperoleh sebesar 0,000 dimana nilai signifikansinya < 0,05 atau 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202053 IMELDA PUTRI MILADIA
Date Deposited: 09 Sep 2024 04:57
Last Modified: 09 Sep 2024 04:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52914

Actions (login required)

View Item View Item