PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Kasus Di RA KUSUMA KRANDING III)

ISFI FAIZATUL MUNA, 126206201014 (2024) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Kasus Di RA KUSUMA KRANDING III). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (683kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Isfi Faizatul Muna NIM. 126206201014 Peran Guru dalam meningkatkan Kedisplinan Anak Usia 5-6 Tahun ( Studi Kasus di RA Kusuma Mulia kranding III) . Skripsi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Germino Wahyu Broto, M Si. Kata Kunci: Peran Guru, Kedisiplinan Anak. Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya perkembangan kedisiplinan pada anak usia dini yang dapat di lakukan dengan cara peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan seperti kegiatan salim dan salam pada guru, menaruh sepatu dan tas pada tempatnya, merapikan alat berman dan belajar, membuang sampah pada tempatnya dan kegiatan lainnya. Permasalahan yang terjadi pertayaan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di RA Kusuma Mulia Kranding III ? Bagaimana peran guru dalam Meningkatkan kedisiplina di RA Kusuma Kranding III? Tujuan yang ingin peneliti adalah mengetahui peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun yang ada di RA Kusuma Mulia Kranding III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang kemudian dideskripsikan fakta dan realita tentang Peran Guru dalam Meningkatka Kedisiplinan Anak Usia 5-6 tahun di RA Kusuma Mulia Kranding III. subjek penelitian bentuk kedisiplinan dan peran guru. Informan penelitian kepada kepala sekolah, guru kelas, peserta didik, dan orangtua siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara, yang mana sumber data diperoleh dari hasil wawancara denga guru, observasi di lingkungan sekolah, dokumentasi, jurnal dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan pada anak usia 5-6 tahun. Pada tahap bentuk-bentuk kedisiplinan anak usia 5-6 tahun, peserta didik membiasakan kegiatan disiplin dengan kegiatan setiap harinya, dan pada tahap peran guru dalam mendisiplinkan anak usia 5-6 tahun peserta didik akan terboasa mencontoh guru bagaimana kedisiplinan yang telah diterapkan dalam interaksi sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206201014 ISFI FAIZATUL MUNA
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:43
Last Modified: 09 Sep 2024 03:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52931

Actions (login required)

View Item View Item