Mufa Latifatul Umma, 2814133120 (2017) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI TURUNAN FUNGSI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (973kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (662kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (328kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (591kB) |
||
|
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (415kB) | Preview |
|
Text
BAB 6.pdf Download (279kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (379kB) |
Abstract
Mufa Latifatul Umma, NIM. 2814133120. 2017. Pengaruh Pendekatan Realistik Matematika terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Turunan Fungsi. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Matematika IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Pendekatan Realistik Matematika, pemahaman konsep, turunan fungsi. Matematika mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan mengembangkan daya pikir manusia. Perkembangan matematika juga mendasari perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini. Oleh karena itu diperlukan penguasaan matematika oleh siswa melalui pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru adalah pendekatan realistik matematika. Pendekatan realistik matematika adalah pendekatan pembelajaran yang membimbing siswa menemukan kembali konsep-konsep matematika yang pernah ditemukan oleh para ahli dengan memanfaatkan masalah-masalah kehidupan sehari-hari. Dengan pendekatan realistik matematika diharapkan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika siswa dapat meningat. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistik matematika terhadap pemahaman konsep pada materi turunan fungsi. 2) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistik matematika terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi turunan fungsi. 3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistik matematika terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar matematika siswa pada materi turunan fungsi. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini juga menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang pemahaman konsep siswa dan hasil belajar matematika siswa pada materi turunan fungsi kelas XI IPS di MAN Rejoso Peterongan. Sedangkan metode obsevasi dan metode dokumentasi digunakan untuk menggambarkan tentang sejarah, letak geografis, dan keadaan guru dan siswa di MAN Rejoso Peterongan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh pendekatan realistik matematika terhadap pemahaman konsep pada materi turunan fungsi, berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai t_hitung=2.949>t_tabel=1,992 dengan taraf signifikansi 5%. 2) Ada pengaruh pendekatan realistik matematika terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi turunan fungsi berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai t_hitung=5,39>t_tabel=1,992 dengan taraf signifikansi 5%. 3) Ada pengaruh pendekatan realistik matematika terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar matematika siswa pada materi turunan fungsi, berdasarkan uji MANOVA diperoleh nilai Sig. 2-tailed (Equal variences assumed) adalah 0,000 dan 0,019. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa 0,000<0,05 dan 0,019<0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133120 Mufa Latifatul Umma |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 03:23 |
Last Modified: | 26 Jul 2017 03:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5298 |
Actions (login required)
View Item |