PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MA MA'ARIF UDANAWU BLITAR PADA MATERI TRIGONOMETRI

NURIYATUL MAULIDAH, 12204193195 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MA MA'ARIF UDANAWU BLITAR PADA MATERI TRIGONOMETRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X di MA MA’ARIF Udanawu Blitar pada Materi Trigonometri” ditulis oleh Nuriyatul Maulidah, NIM. 12204193195, pembimbing Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Kemampuan Representasi Matematis, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Kemampuan representasi matematis merupakan kesanggupan mengubah suatu masalah ke dalam bentuk baru seperti tabel, diagram atau bentuk yang lain untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan hasil belajar merupakan perubahan yang ada dalam diri seseorang yang mengarah ke perubahan positif sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Proses pembelajaran yang diciptakan oleh guru belum melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang yang tepat salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick adalah model pembelajaran kooperatif dengan berbantuan tongkat yang bergulir dari siswa satu ke siswa yang lainnya untuk mendorong siswa agar berani dalam menyampaikan pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas X MA MA’ARIF Udanawu Blitar pada materi trigonometri, 2) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas X MA MA’ARIF Udanawu Blitar pada materi trigonometri, dan 3) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan representasi matematis dan hasil belajar siswa kelas X MA MA’ARIF Udanawu Blitar pada materi trigonometri. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian posttest only with nonequivalent group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA MA MA’ARIF Udanawu yang berjumlah 193 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA 3 yang berjumlah 35 anak dan siswa kelas X MIPA 4 yang berjumlah 36 anak. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas X MA MA’ARIF Udanawu Blitar pada materi trigonometri dengan nilai signifikansi sebesar 0,003<0,05, 2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siwa kelas X MA MA’ARIF Udanawu Blitar pada materi trigonometri dengan nilai signifikansi sebesar 0,005<0,05, dan 3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan representasi matematis dan hasil belajar siwa kelas X MA MA’ARIF Udanawu Blitar pada materi trigonometri yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,011<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193195 NURIYATUL MAULIDAH
Date Deposited: 09 Sep 2024 08:33
Last Modified: 09 Sep 2024 08:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52989

Actions (login required)

View Item View Item