NURIYATUL MAULIDAH, 12204193195 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MA MA'ARIF UDANAWU BLITAR PADA MATERI TRIGONOMETRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X di MA MA’ARIF Udanawu Blitar pada Materi Trigonometri” ditulis oleh Nuriyatul Maulidah, NIM. 12204193195, pembimbing Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Kemampuan Representasi Matematis, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Kemampuan representasi matematis merupakan kesanggupan mengubah suatu masalah ke dalam bentuk baru seperti tabel, diagram atau bentuk yang lain untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan hasil belajar merupakan perubahan yang ada dalam diri seseorang yang mengarah ke perubahan positif sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Proses pembelajaran yang diciptakan oleh guru belum melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang yang tepat salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick adalah model pembelajaran kooperatif dengan berbantuan tongkat yang bergulir dari siswa satu ke siswa yang lainnya untuk mendorong siswa agar berani dalam menyampaikan pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas X MA MA’ARIF Udanawu Blitar pada materi trigonometri, 2) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas X MA MA’ARIF Udanawu Blitar pada materi trigonometri, dan 3) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan representasi matematis dan hasil belajar siswa kelas X MA MA’ARIF Udanawu Blitar pada materi trigonometri. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian posttest only with nonequivalent group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA MA MA’ARIF Udanawu yang berjumlah 193 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA 3 yang berjumlah 35 anak dan siswa kelas X MIPA 4 yang berjumlah 36 anak. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas X MA MA’ARIF Udanawu Blitar pada materi trigonometri dengan nilai signifikansi sebesar 0,003<0,05, 2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siwa kelas X MA MA’ARIF Udanawu Blitar pada materi trigonometri dengan nilai signifikansi sebesar 0,005<0,05, dan 3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan representasi matematis dan hasil belajar siwa kelas X MA MA’ARIF Udanawu Blitar pada materi trigonometri yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,011<0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193195 NURIYATUL MAULIDAH |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 08:33 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 08:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52989 |
Actions (login required)
View Item |