STRATEGI MANAJEMEN PENGEMBANGAN BISNIS UNTUK MENINGKATKAN PROFIT AGEN BRILINK DI KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG

DEWI TRI WAHYUNI, 126405202132 (2024) STRATEGI MANAJEMEN PENGEMBANGAN BISNIS UNTUK MENINGKATKAN PROFIT AGEN BRILINK DI KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Manajemen Pengembangan Bisnis BRILink Untuk Meningkatkan Profit Agen BRILink di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Dewi Tri Wahyuni, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, NIM 126405202132, Pembimbing Bapak Syamsul Umam, S.H.I., M.H.,. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan memperluas dunia perbankan dan untuk meningkatkan seperti bank lainnya, layanan PT Bank Rakyat Indonesia juga menerapkan program Laku Pandai. Dengan adanya kinerja agen branchless banking yang disebut dengan agen BRILink memberikan peningkatan yang cukup signifikan. Melalui agen BRILink, nasabah BRI maupun masyarakat umum lainnya bisa mendapatkan pelayanan yang sama baiknya seperti yang didapatkan di kantor. Masyarakat dapat melakukan setoran tabungan, penarikan secara tunai serta melakukan transaksi transfer atau pembayaran lainnya melalui agen. Perusahaan bank akan lebih mudah melihat persaingan bisnis dan minat nasabah dalam layanan agen BRILink. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini yakni: (1) Bagaimana strategi pengembangan manajemen bisnis yang diterapkan agen BRILink?, (2) Bagaimana sistem agen BRILink dalam meningkatkan profit pada bisnis BRILink? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang langsung berhubungan dengan objek yang diteliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data primer dan data sekunder. Adapun data primer diperoleh dari wawancara dengan informan yang sudah ditetapkan kemudian diolah dan dianalisis oleh peneliti secara langsung. Sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal, skripsi, buku. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data yang diperoleh, display atau penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yakni mayoritas agen BRILink yang ada di Kecamatan Boyolangu sudah mampu mengembangkan bisnis mereka di era persaingan pasar yang semakin meningkat. Banyak agen BRILink yang sudah mampu menginovasi dan mengembangkan produk mereka, mulai dari menginovasi jasa layanan, tempat. Melalui sistem yang diterapkan dalam transaksi mereka dapat mengakumulasi profit atau laba yang didapatkan. Setiap bulannya agen BRILink harus bersaing dalam posisi urutannya dalam memperoleh jumlah transaski dan Fee yang didapatkan dari pihak Bank BRI. Pengembangan pasar, pengembangan produk, inovasi sudah mampu dikembangan dalam strategi pengembangan manajemen agen BRILink. Sistem perhitungan gross profit, operating profit, net profit digunakan dalam perhitungan transaksi pembukuan. Karena sistemnya bagi hasil dengan pihak Bann 50% jadi untuk jasa transaksi disesuaikan dengan jasa yang ditarik masing-masing BRILink. Kata Kunci: BRILink, Profit, Pengembangan Bisnis

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405202132 DEWI TRI WAHYUNI
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:41
Last Modified: 09 Sep 2024 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53003

Actions (login required)

View Item View Item