PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK USIA DINI DI TK AL-HIDAYAH KANDANGAN 01

FARIDATUL KHUSNA, 12206183094 (2023) PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK USIA DINI DI TK AL-HIDAYAH KANDANGAN 01. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (710kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Religius Pada Anak Usia Dini di TK Al-Hidayah Kandangan 01” ini ditulis oleh FARIDATUL KHUSNA, NIM. 12206183094, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen pembimbing Dr. Hj. Luluk 'Atirotu Zahroh, M. Pd. Kata kunci: Peran Guru, Karakter Religius, Anak Usia Dini. Penelitian ini didasarkan pada konflik yang terjadi ditempat peneliti, bahwasanya TK Al-Hidayah Kandangan 01 dalam pembentukan karakter religius mengalami kendala dalam hal bimbingan dan pendampingannya dikarenakan kurang terjalinnya sinergis antara guru dan wali murid di rumah. Sehingga pembelajaran tidak dapat dilaksanakan secara maksimal. Oleh karena itu peran guru sangat penting dalam memberikan bimbingan, pendampingan, dan pelatihan bagi anak di sekolah agar dapat membentuk karakter yang religius bagi anak. Fokus penelitian dalam masalah skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran Guru dalam pembentukan karakter religius ibadah sholat pada Anak Usia Dini di TK Al-Hidayah Kandangan 01? 2) Bagaimana peran Guru dalam pembentukan karakter religius menghafal do`a pendek pada Anak Usia Dini di TK Al-Hidayah Kandangan 01? 3) Bagaimana peran Guru dalam pembentukan karakter religius uswah hasanah pada Anak Usia Dini di TK Al-Hidayah Kandangan 01? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di TK Al-Hidayah Kandangan 01. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Selain itu, teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini adalah:1) Peran Guru dalam pembentukan karakter religius ibadah sholat: a)guru sebagai pendidik, b) Guru sebagai pembimbing, c) Guru sebagai demonstrator, d) Menggunakan metode demonstrasi 2) Peran Guru dalam pembentukan karakter religius menghafal do`a pendek: a) Guru sebagai pendidik, b) Guru sebagai pembimbing, c) Guru sebagai motivator, d) Menggunakan metode drill 3) Peran Guru dalam pembentukan karakter religius uswah hasanah: a) Guru sebagai tauladan, b) Guru sebagai pembimbing, c) Guru sebagai motivator, d) Menggunakan metode bercerita.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183094 FARIDATUL KHUSNA
Date Deposited: 09 Sep 2024 06:47
Last Modified: 09 Sep 2024 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53021

Actions (login required)

View Item View Item