MAKARIMA FAJRIN, 2817133099 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL-QURAN HADITS PESERTA DIDIK KELAS II-B MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (812kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (853kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (202kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skipsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist Peserta Didik Kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Makarima Fajrin,NIM.2817133099,Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Drs. Moh. Kharis, M.Pd Kata Kunci: Kooperatif, Make A Match, Prestasi Belajar. Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar peserta didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits. Hal ini disebabkan karena kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu rendahnya prestasi belajar peserta didik juga disebabkan karena dalam menyampaikan materi pembelajaran, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, seperti ceramah dan pemberian tugas. Sehingga peserta didik kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan mengakibatkan prestasi belajar peserta didik rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Al-Quran Hadits pokok bahasan hadis tentang pentingnya belajar Al-Quran. Karena model pembelajaran kooperatif tipe make a match merupakan model pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif dan saling membantu dalam menguasai pelajaran untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana meningkatkan kemampuan kerja sama mata pelajaran Al-Quran Hadits pokok bahasan hadis tentang keutamaan belajar Al-Quran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match peserta didik kelas II MIHidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Al-Quran Hadits pokok bahasan hadis tentang keutamaan belajar Al-Quran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match peserta didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pokok bahasan hadis tentang keutamaan belajar Al-Quran peserta didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan peningkatan kemampuan kerjasama melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pokok bahasan hadis tentang keutamaan belajar Al-Quran peserta didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (2) Menjelaskan peningkatan keaktifan belajar mata pelajaran Al-Quran Hadits pokok bahasan hadis tentang keutamaan belajar Al-Quran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match peserta didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (3) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pokok bahasan hadis tentang keutamaan belajar Al-Quran peserta didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penilitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, tes,wawancara,dokumentasi dan catatan lapangan. Tes yang digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajarAl-Quran Hadits peserta didik kelasII MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Al-Quran Hadits, respon peserta didik, keadaan guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kerjasama, keaktifan,dan prestasi belajar Al-Quran Hadits. Hal ini dapat dibuktikan dengan persentase pengamatan kerjasama peserta didik yang mengalami peningkatanpada siklus I 80% menjadi 93,3% pada siklus II. Dan keaktifan belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 80% meningkat menjadi 85% dengan kategori baik.Peningkatan prestasi belajar peserta didik dari pre test ke siklus I dan siklus II yaitu nilai rata-rata hasil pre test 47,61(9,52%) meningkat pada siklus I menjadi71,42 (57,14%) dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 82,38(85,71%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan prestasi belajar Al-Quran Hadits peserta didik kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133099 MAKARIMA FAJRIN |
Date Deposited: | 06 Jul 2017 03:23 |
Last Modified: | 06 Jul 2017 03:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5314 |
Actions (login required)
View Item |