PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN 5 TULUNGAGUNG

NOVELIA UTAMI, 12204173265 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (635kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Berbantuan Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Di MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Novelia Utami, NIM. 12204173265, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dra Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: POGIL, Process Oriented Guided Inquiry Learning, Mind Mapping, Pemahaman Konsep. Matematika adalah pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa dilihat dari rendahnya pemahaman konsep matematika dikarenakan kurangnya antusiasme siswa untuk menyimak dan memperhatikan pelajaran. Oleh karena itu diperlukan model pemebelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) merupakan model yang dirancang untuk memotivasi siswa dalam mempelajari materi pelajaran sebaik mungkin dan memberi tanggung jawab yang besar pada siswa untuk belajar secara kelompok sehingga dapat membina rasa saling menghargai antara siswa yang saling bekerja sama. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Berbantu Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Di MTsN 5 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Berbantu Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Di MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment tipe post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VII MTsN 5 Tulungagung. Dalam mengambil sampel digunakan teknik simple random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII C dan VII D. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data yaitu tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) berbantuan Mind Mapping terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTsn 5 Tulungagung yang signifikan, pada taraf signifikansi 0,007. (2) Besar pengaruh model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) berbantuan Mind Mapping terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTsn 5 Tulungagung adalah 0,31.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173265 NOVELIA UTAMI
Date Deposited: 21 Sep 2024 06:45
Last Modified: 21 Sep 2024 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53168

Actions (login required)

View Item View Item