PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PICTURE MAPPING (PICTURE AND PICTURE DAN MIND MAPPING) DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI KELAS VIII MTS M GEMAHARJO

FITRIA INDAH YANUARTI, 12210193094 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PICTURE MAPPING (PICTURE AND PICTURE DAN MIND MAPPING) DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI KELAS VIII MTS M GEMAHARJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (575kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Picture Mapping (Picture and Picture dan Mind Mapping) dalam Menulis Teks Eksplanasi Kelas VIII MTs M Gemaharjo” ini ditulis oleh Fitria Indah Yanuarti, NIM 12210193094 Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, yang dibimbing oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Picture and Picture dan Mind Mapping (Picture Mapping), Keterampilan Menulis Penggunaan metode pembelajaran kurang efektiv membuat para siswa tidak memiliki minat belajar dan mengembangkan kreatifitasnya. Hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang sangat rendah dan sulit untuk meningkat. seorang pendidik harus menggunakan inovasi yang kreatif untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Untuk itu, perlu penggunaan metode pembelajaran, yaitu picture mapping (picture and picture dan mind mapping). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis quasi eksperimen (eksperimen semu). Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampel yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes awal dan tes akhir menulis teks eksplanasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah T-test. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh metode picture mapping (picture and picture dan mind mapping) dalam menulis teks eksplanasi kelas VIII MTs M Gemaharjo?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode picture mapping (picture and picture dan mind mapping) dalam menulis teks eksplanasi kelas VIII MTs M Gemaharjo. Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini, pada kelas kontrol terdapat banyak siswa mendapat nilai yang tergolong rendah atau di bawah KKM (>75). Sebaliknya dengan kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan tujuan mendorong siswa untuk lebih aktif dan kreatif, sehingga banyak siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (>75). Hal ini dibuktikan dengan nilai uji T-test dengan nilai sebesar 0,000<0,05, yang berarti hipotesis alternative diterima. Dari hasil penelitian tersebut, terdapat nilai sebelum dan sesudah mendapat perlakuan dan pengujian hipotesis, khususnya pada menulis teks eksplanasi kelas VIII MTs M Gemaharjo. Terdapat perbedaan nilai rata-rata pada siswa, nilai rata-rata sebelum menggunakan metode picture mapping 61,6 sedangkan setelah menggunakan metode picture mapping meningkat lebih baik sehingga memperoleh nilai rata-rata 87.05. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran picture mapping dalam menulis teks eksplanasi kelas VIII MTs M Gemaharjo.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210193094 FITRIA INDAH YANUARTI
Date Deposited: 27 Sep 2024 01:25
Last Modified: 27 Sep 2024 01:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53446

Actions (login required)

View Item View Item