IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN METODE "UMMI FOUNDATION” DI PAUD (KB/RA) BAITUL MUTTAQIN JANTI MOJOAGUNG JOMBANG

RIYADLOTUS SHOLIHAH, 126206201010 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN METODE "UMMI FOUNDATION” DI PAUD (KB/RA) BAITUL MUTTAQIN JANTI MOJOAGUNG JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (891kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sholihah, Riyadlotus. NIM. 126206201010. 2024. Implementasi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Metode “Ummi Foundation” di PAUD (KB/RA) Baitul Muttaqin Janti Mojoagung Jombang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Ikfi Khoulita, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembelajaran Membaca, Metode Ummi Foundation Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui bagaimana penerapan metode Ummi Foundation pada pembelajaran membaca Al-Qur’an di PAUD (KB/RA) Baitul Muittaqin Janti Mojoagung Jombang. Karena, PAUD (KB/RA) Baitul Muttaqin Janti Mojoagung Jombang menekankan pada pembelajaran berbasis islam guna mengatasi masalah membaca dan bahasa yang sering kali terjadi pada Anak Usia Dini. oleh karena itu, Peneliti ingin meneliti bagaimana perencanaan, implementasi, dan evaluasi dari metode Ummi foundation tersebut. Pembelajaran membaca Al-Qur’an merupakan suatu kegiatan penanaman dan penguatan pemahaman tentang bagaimana mempelajari bacaan-bacaan Al-Qur’an mulai dari huruf Hijaiyah hingga surat-surat yang terkandung dalam kitab Suci Allah SWT. Sedangkan Ummi Foundation merupakan suatu metode untuk mengimplementasikan dengan melewati tahapan-tahapan yang sudah tersusun oleh Ummi Foundation. Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini yaitu, bagaimana perencanaan, implementasi, dan evaluasi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an metode “Ummi Foundation” di PAUD (KB/RA) Baitul Muttaqin Janti Mojoagung Jombang. Pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian Teknik pengumpulan data observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan trigulasi sumber, dan trigulasi teknik adapun sumber penelitian ini yakni Koordinator Ummi, Guru Ummi kelas KB kelompok 1, Guru Ummi kelas RA-A kelompok 2, Guru Ummi kelas RA-B kelompok 3 (Unggulan). Hasil penelitian tentang pembelajaran membaca metode Ummi Foundation di PAUD (KB/RA) Baitul Muttaqin Janti Mojoagung Jombang. Yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran membaca yang disusun sesuai ketentuan yang dimiliki oleh Ummi Foundation berupa materi, dan sarana serta prasarana pembelajaran dengan menyesuaikan kebutuhan pembelajaran Anak Usia Dini. 2) Implementasi pembelajaran membaca yang memiliki tahapan pembelajaran secara menyeluruh mulai dari pembukaan hingga penutupan yang dtitambahkan tahapan baru untuk menyempurnakan pembelajaran. 3) Evaluasi pembelajaran membaca bukan hanya dilaksanakan pada siswa melainkan juga pada guru guna mmeningkatkan kualitas belajar meliputi penilaian, kelancaran membaca serta perkembangan siswa maupun guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206201010 RIYADLOTUS SHOLIHAH
Date Deposited: 22 Sep 2024 06:23
Last Modified: 22 Sep 2024 06:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53449

Actions (login required)

View Item View Item