SHELVY EKA NANDA SAPUTRI, 126405202207 (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA USAHA BAKPIA AHMAD’S FAMILY DESA GEMBLEB KECAMATAN POGALAN KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER .pdf Download (5MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (569kB) | Preview |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
||
Text
BAB VI .pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (440kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing pada Usaha Bakpia Ahmad’s Family Desa Gembleb Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Shelvy Eka Nanda Saputri, NIM.126405202207. Pembimbing Samsul Bakri, S. Pd. I. M. Pd. Konteks penelitian ini didasari oleh ketatnya persaingan usaha bakpia. Banyaknya usaha produk makanan sejenis yang muncul, maka secara otomatis pasti menimbulkan persaingan untuk menarik hati konsumen terhadap produk yang nantinya dapat meningkatkan daya saing usahanya. Penerapan strategi pemasaran merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh oleh suatu perusahaan guna mempertahankan dan meningkatkan daya saing usaha. Kemampuan perusahaan dalam menciptakan strategi pemasaran yang cocok dengan produknya sangat diperlukan. Selain itu, strategi pemasaran yang dinilai sudah cocok dengan produk juga harus diterapkan secara tepat dan terarah guna meningkatkan keunggulan bersaing. Fokus dalam penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana penerapan strategi pemasaran Bakpia Ahmad’s Family dalam meningkatkan daya saing, 2) Bagaimana analisis SWOT pada usaha Bakpia Ahmad’s Family, 3) Bagaimana implementasi indikator daya saing pada usaha Bakpia Ahmad’s Family. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang bersumber dari pemilik usaha, karyawan dan konsumen Bakpia Ahmad’s Family. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data atau penyaringan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selain itu teknik analisis data juga menggunakan analisi SWOT dengan menggunakan matriks IFE dan EFE. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yaitu ketekunan pengamatan, triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Strategi pemasaran yang diterapkan usaha Bakpia Ahmad’s Family dalam meningkatkan daya saing dimulai dari penentuan segmentasi pasar, target pasar dan posisi pasar dan dilanjutkan dengan strategi bauran pemasaran 11P yang terdiri dari strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan strategi promosi, strategi orang, strategi proses, strategi bukti fisik, strategi kemasan, strategi janji, strategi program dan strategi kemitraan. 2) Hasil dari analisis metode SWOT pada usaha Bakpia Ahmad’s Family, posisinya berada pada kuadran I dengan menerapkan strategi agresif melalui strategi penetrasi pasar. 3) Implementasi indikator daya saing pada usaha Bakpia Ahmad’s Family meliputi harga bersaing, kualitas produk yang baik dan fleksibilitas. Ketiga indikator daya saing tersebut sudah diimplementasikan dan ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Kata Kunci : Daya Saing, Strategi Pemasaran, SWOT
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 126405202207 SHELVY EKA NANDA SAPUTRI |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 02:44 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53785 |
Actions (login required)
View Item |