EKA IRMAWATI, 2811133076 (2017) USAHA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ILMU TAJWID PADA SISWA MTSN BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (497kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (718kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (574kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (611kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (791kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (189kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (183kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Usaha Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Pemahaman Ilmu Tajwid pada Siswa MTsN Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Eka Irmawati, NIM. 2811133076, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Usaha Guru Al-Qur’an Hadits, Pemahaman Ilmu Tajwid. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah biasanya kita temui siswa-siswi pada sekolah tersebut mengalami kesulitan dalam pemahamannya, terlebih pemahaman ilmu tajwid pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, untuk itu sebagai guru Al-Qur’an Hadits perlu melakukan berbagai usaha agar siswa-siswi mendapat pemahaman yang baik. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana usaha guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan pemahaman ilmu tajwid melalui metode pembelajaran pada siswa MTsN Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana usaha guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan pemahaman ilmu tajwid melalui sumber belajar pada siswa MTsN Bandung Tulungagung?. Adapun tujuan penelitiannya adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN Bandung Tulungagung, (2) Untuk mengetahui bagaimana usaha guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan pemahaman ilmu tajwid melalui metode pembelajaran pada siswa MTsN Bandung Tulungagung, (3) Untuk mengetahui bagaimana usaha guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan pemahaman ilmu tajwid melalui sumber belajar pada siswa MTsN Bandung Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, sedangkan dalam analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, keajegan pengamatan, serta triangulasi metode dan sumber, Hasil penelitian di MTsN Bandung Tulungagung tentang usaha guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan pemahaman ilmu tajwid pada siswa yakni: (1)Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN Bandung Tulungagung sudah berlangsung dengan baik dengan adanya adat pembiasaan tadarus sebelum berlangsungnya proses belajar mengajar, pembiasaan ini akan melatih siswa untuk terampil membaca Al-Qur’an sesuai ilmu tajwid, siswa yang kesulitan memahami ilmu tajwid dikarenakan kurangnya perhatian keluarga untuk belajar, untuk itu guru harus memahami kesulitan siswa dan membantu dalam memahamkan siswa. (2)Guru menggunakan metode ceramah agar dapat menyajikan materi lebih luas, yang dipadukan dengan metode tanya jawab agar terdapat feed back yang baik dari peserta didik tentang ilmu tajwid, dengan menggunakan metode demonstrasi siswa bisa mengingat dengan baik cara guru dalam mendemonstrasikan bacaan ayat sesuai ilmu tajwid dengan baik dan benar, metode drill digunakan guru Al-Qur’an hadits agar siswa terlatih untuk membaca ayat dengan benar sesuai dengan ilmu tajwid, dan metode diskusi ini untuk memberikan solusi pada siswa ketika siswa kesulitan mendapat pemahaman dan malu untuk bertanya kepada guru, siswa tersebut bisa bertanya pada temannya yang sudah paham dengan materi yang berkaitan tentang ilmu tajwid. (3) Manusia/guru adalah sumber belajar di MTsN Bandung Tulungagung, karena pengetahuan seorang guru adalah patokan dalam usaha memahamkan para siswanya. Dalam memahamkan siswanya, guru menggunakan sumber berupa buku, baik buku pegangan maupun buku yang terdapat di perpustakaan. Kemudian guru juga menggunakan sumber dari internet dan juga menyarankan siswanya untuk menggunakannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133076 EKA IRMAWATI |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 06:09 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 06:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5391 |
Actions (login required)
View Item |