REQUEST STRATEGIES EMPLOYED BY INDONESIAN EFL LEARNERS

OKTABELIA SAPUTRI, 12510184023 (2022) REQUEST STRATEGIES EMPLOYED BY INDONESIAN EFL LEARNERS. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (806kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (300kB)
[img] Text
TABLE OF CONTENT.pdf

Download (300kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
REFERENCES.pdf

Download (300kB)
[img] Text
APPENDIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tesis dengan judul Request Strategies Employed by Indonesian EFL Learners ditulis oleh Oktabelia Saputri dibimbing oleh Dr. Nurul Chojimah, M.Pd dan Dr. Sukarsono, M.Pd. Kata kunci: address term, request strategy, perspective, syntactic downgrader, downgrader, adjuncts to head act. Berkomunikasi dengan orang lain memerlukan pemahaman pragmatis untuk mencapai bahasa target dengan sukses. Tindak tutur yang merupakan salah satu perhatian pragmatis tidak hanya menyajikan informasi tetapi juga melakukan suatu tindakan. Oleh karena permintaan merupakan komponen penting dalam tindak tutur, memahami bagaimana pembelajar merumuskan kesantunan sangat penting untuk kompetensi pragmatis mereka dalam bahasa Inggris. Permintaan tersebut dapat disampaikan melalui beberapa strategi dalam situasi yang berbeda. Situasi yang berbeda mempengaruhi pilihan strategi permintaan yang digunakan dalam permintaan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan bagaimana mahasiswa EFL Indonesia dalam menyampaikan permintaannya dalam bahasa Inggris. Masalah penelitian yang luas kemudian dijabarkan ke dalam enam tujuan: (1) Untuk mendeskripsikan address term yang digunakan oleh mahasiswa EFL Indonesia untuk melakukan permintaan bahasa Inggris. (2) Mendeskripsikan strategi yang dilakukan oleh pembelajar bahasa Inggris EFL untuk menyampaikan permintaan bahasa Inggris. (3) Untuk mendeskripsikan perspektif permintaan bahasa Inggris yang dilakukan oleh pembelajar EFL Indonesia. (4) Mendeskripsikan syntactic downgraders yang digunakan oleh pembelajar EFL Indonesia. (5) Untuk mendeskripsikan downgrader yang dilakukan oleh pelajar EFL Indonesia. (6) Untuk mendeskripsikan adjucts to head act modification yang digunakan dalam melakukan permintaan bahasa Inggris oleh pembelajar EFL Indonesia. Content analysis dan pendekatan kualitatif diterapkan dalam melakukan penelitian ini. Subyek dalam penelitian ini adalah 17 mahasiswa Program Pascasarjana IAIN Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021. Data dalam penelitian ini adalah ucapan siswa yang berisi permintaan yang direalisasikan dalam DCT. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tindakan permintaan direalisasikan melalui address terms, strategies, perspectives, syntactic downgraders, downgraders, dan adjuncts to head act. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Address terms yang digunakan adalah attention getter; name; kombinasi attention getter dan name; dan tidak ada address term. (2) Strategi yang digunakan adalah mood derivable, explixit performatives, obligation statement, want statement, suggestory formulae, query preparatory, dan strong hints. (3) Perspective yang digunakan adalah hearer oriented; speaker oriented; speaker dan hearer oriented; and interpersonal. (4) Syntactic downgraders yang digunakan adalah declarative, imperative, interrogative, dan embedded if clause. (5) Downgrader yang digunakan adalah consultative devices; understaters; hedges; kombinasi hedges dan understater; kombinasi consultative device, hedges, dan understater, dan tidak ada downgrader. (6) Adjuncts to head act yang digunakan adalah checking on availability; grounder; sweetener; cost minimize; kombinasi checking on availability dan grounder; kombinasi grounder dan cost minimizer; kombinasi disarmer dan grounder; kombinasi cost minimizer dan sweetener; dan tidak ada adjuncts to head act.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 12510184023 OKTABELIA SAPUTRI
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:17
Last Modified: 10 Oct 2024 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53983

Actions (login required)

View Item View Item