ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF SISWA KELAS VIII MTs BUSTANUL ULUM MINGGIRSARI

HUSNUL KHOTIMAH, 12204193024 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF SISWA KELAS VIII MTs BUSTANUL ULUM MINGGIRSARI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (582kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Memecahkan Masalah Materi Relasi dan Fungsi Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Siswa Kelas VIII MTs Bustanul Ulum Minggirsari” ini ditulis oleh Husnul Khotimah, NIM 12204193024, Program Studi Tadris Matematika, Fakults Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing: Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Gaya Kognitif, Reflektif, Impulsif, Relasi dan Fungsi. Penelitian ini di dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan komunikasi matematis yang perlu dikuasai siswa. Namun, kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah. Kemampuan komunikasi ini tercermin dari pemecahan masalah sesuai gaya kognitif. Perbedaan gaya kognitif siswa akan menghasilkan kemampuan komunikasi dalam memecahkan masalah yang berbeda pula. Dalam hal ini dihubungkan dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Tujuan dari penelitian ini : (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dalam memecahkan masalah materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII MTs Bustanul Ulum Minggirsari yang memiliki gaya kognitif reflektif, (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dalam memecahkan masalah materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII MTs Bustanul Ulum Minggirsari yang memiliki gaya kognitif impulsif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 siswa kelas VIII MTs Bustanul Ulum Minggirsari. Pengambilan subjek ini menggunakan tes MFFT (Matching Familiar Figure Test) dan diambil 2 siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 2 siswa dengan gaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) siswa dengan gaya kognitif reflektif cukup mampu memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis baik secara tulis maupun lisan, cukup mampu menjelaskan ide atau solusi matematika menggunakan bahasa sendiri, cukup mampu menjelaskan ide atau solusi matematis dengan menggunakan gambar, cukup mampu menyatakan ide atau solusi matematika dengan menggunakan model matematika, (2) siswa dengan gaya kognitif impulsif kurang mampu memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis, kurang mampu menjelaskan ide atau solusi matematika menggunakan bahasa sendiri, kurang mampu menjelaskan ide atau solusi matematis dengan menggunakan gambar, kurang mampu menyatakan ide atau solusi matematika dengan menggunakan model matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193024 HUSNUL KHOTIMAH
Date Deposited: 04 Dec 2024 02:10
Last Modified: 04 Dec 2024 02:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53995

Actions (login required)

View Item View Item