Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Pecahan Sederhana melalui Metode Drill Siswa Kelas III MIN Pucung Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2012-2013

Dewi, Ratnawati (2013) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Pecahan Sederhana melalui Metode Drill Siswa Kelas III MIN Pucung Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2012-2013. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

. 3217093021. 2013.“ Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Program Sarjana STAIN Tulungagung. Pembimbing oleh: Dr.H. Akhyak M.Ag Kata Kunci : Prestasi Belajar, Matematika , Metode Drill. Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa beberapa penyebab kurangnya prestasi belajar yang optimal pada pembelajaran matematika siswa kelas III MIN Pucung Ngantru Tulungagung adalah adanya kesan yang kurang baik terhadap pelajaran matematika dan kurangnya motivasi siswa terhadap pelajaran matematika. Selain itu penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran matematika seringkali terlalu dominan, sehingga siswa kurang aktif terlibat dalam pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode drill dalam pembelajaran matematika okok bahasan pecahan sederhana sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Pembelajaran menggunakan metode drill ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1). Bagaimana penerapan metode Drill pada bidang studi Matematika pokok bahasan pecahan sederhana kelas III di MIN Pucung Ngantru Tulungagung? 2). Apakah melalui penerapan metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika pokok bahasan pecahan sederhana siswa kelas 3 MIN Pucung Ngantru Tulungagung? Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MIN Pucung Ngantru Tulungagung sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan arah kebijakan dalam membantu meningkatkan prestasi belajar siswa. Bagi guru MIN Pucung Ngantru Tulungagung dijadikan bahan pertimbangan dalam mengatasi masalah belajar terutama pada pelajaran matematika. Bagi peneliti lain atau pembaca yang mengadakan penelitian sejenis, hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menambah wawasan tentang meningkatkan prestasi belajar matematika melalui metode drill dalam pembelajaran di sekolah. Bagi perpustakaan STAIN Tulungagung sebagai bahan koleksi dan referensi supaya dapat digunakan sebagai sumber belajar atau bacaan bagi mahasiswa lainnya terutama berkaitan dengan penggunaan metode drill. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode pembelajaran di MIN Pucung Ngantru Tulungagung melalui perencanaan dan perancangan yang matang serta memperhatikan beberapa kriteria yang ada. Sehingga metode pembelajaran yang dipilih mempunyai kesesuaian dengan materi pelajaran yang akan disampaikan. Selain itu metode pembelajaran yang akan dipilih bisa membantu dalam keefektifan pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai sangat berpengaruh dalam proses kegiatan belajar mengajar pelajaran Matematika pokok bahasan pecahan sederhana di MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Dan penggunaan metode drill dalam pembelajaran Matematika ini xvi berhasil diterapkan pada pembelajaran. Pencapaian hasil belajar siswa 82,608 %, mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari siklus 1 yaitu 39,130% menjadi 65,217 % terjadi peningkatan sebesar 26,087 %. Dan pada siklus 2 meningkat menjadi 82,608% terjadi peningkatan sebesar 17,391. Pencapaian pada siklus kedua ini mengalami peningkatan terhadap semua aspek yang diteliti. Pada pertemuan siklus kedua ini terjadi pula pada hasil penilaian dari pembelajaran yang dilaksanakan, dan hasilnya juga sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti. Dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode drill dalam peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas III pokok bahasan pecahan sederhana MIN Pucung Ngantru Tulungagung mengalami peningkatan. Dengan kata lain penngunaan metode belajar yang sesuai akan membantu meningkatkan proses dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 10 Dec 2014 07:03
Last Modified: 10 Dec 2014 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item View Item