MASRURIN WIN HAYATI, 126202202048 (2024) العلاقة بين دافعية الوالدين والتحصيل التعليمي لطلاب الصف الثامن في تعلم اللغة العربية في المدرسة المتوسطة الإسلامية معارف باكونج أوداناو بليتار للعام الدراسي 2023 – 2024 م. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (403kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (280kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (438kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (354kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Korelasi Antara Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pelajaran Bahasa Arab Di Mts Ma’arif Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Masrurin Win Hayati, NIM. 126202202048, pembimbing Bapak Machrup Eko Cahyono, M.Pd.I. Kata Kunci: Motivasi Orang Tua, Prestasi Belajar, Pelajaran Bahasa Arab. Latar belakang penelitian ini merujuk pada peran penting motivasi orang tua terhadap prestasi pendidikan siswa, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs Maarif Bakung Udanawu Blitar. Orang tua memiliki peran sentral dalam menanamkan arti pendidikan bagi anak-anaknya, karena pendidikan merupakan masalah relevan sepanjang masa. Namun, masih banyak orang tua yang belum memahami pentingnya peran mereka dalam mendorong motivasi belajar anak, terutama karena fokus pada pekerjaan mereka. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba untuk melihat korelasi antara motivasi orang tua dengan prestasi pendidikan siswa, dengan harapan dapat memberikan pemahaman lebih dalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana motivasi orang tua kepada siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? (2) Bagaimana hasil belajar bahasa arab siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? (3) Bagaimana korelasi motivasi orang tua terhadap hasil belajar bahasa arab siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini adalah salah satu kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Teknik pengambilan sampel yaitu menjadikan seluruh anggota populasi sebagai sampel penelitian. Maka dalam penelitian ini sampel penelitiannya adalah 35 siswa. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini antara lain tabulasi data, uji validitas, uji linearitas, uji korelasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) bentuk motivasi orang tua seperti penghargaan dalam belajar, pemberian tempat yang kondusif dan dorongan dari orang tua. Hal tersebut memiliki dampak signifikan terhadap prestasi belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. (2) Hasil belajar Bahasa Arab siswa selama satu semester menunjukkan rata-rata nilai sebesar 83,77, dengan nilai minimum 81 dan maksimum 92 dari 35 responden. (3) Hasil uji korelasi antara motivasi orang tua dan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar menunjukkan nilai r = 0,334 dengan p = 0,683 (p < 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa motivasi orang tua memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | 126202202048 MASRURIN WIN HAYATI |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 06:28 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 06:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54152 |
Actions (login required)
View Item |