PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMPN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024

LUSI MEGA WAHYUNI, 12204173223 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMPN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (422kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika Di Kelas VIII SMPN 5 Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024” ini ditulis oleh Lusi Mega Wahyuni, NIM. 12204173223, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif tipe jigsaw, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan model pembelajaran yang bersifat teoritis dan ceramah. Dimana dalam proses pembelajarannya kegiatan siswa cenderung mendengarkan, mencatat, dan mengerjakan tugas. Keadaan tersebut membosankan bagi siswa, akibatnya siswa menjadi pasif. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika siswa. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut siswa aktif di kelas. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji t dan uji manova. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi siswa pada materi statistika di kelas VIII SMPN 5 Tulungagung. Dengan hasil uji independent t-tes diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,002. (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika di kelas VIII SMPN 5 Tulungagung. Dengan hasil uji independent t-tes diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,039. (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar pada materi statistika di kelas VIII SMPN 5 Tulungagung. Dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh sig. 0,001.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Motivasi Belajar
Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173223 LUSI MEGA WAHYUNI
Date Deposited: 22 Oct 2024 06:33
Last Modified: 22 Oct 2024 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54159

Actions (login required)

View Item View Item