ANIS BINTI SALAMAH, 1880505220027 (2024) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA FASE B DENGAN TEMA TARI NUSANTARA DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR (Studi Kasus di SDI Bayanul Azhar Tulungagung). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (278kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (254kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase B dengan Tema Tari Nusantara dalam Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Kasus di SDI Bayanul Azhar Tulungagung)” ini ditulis oleh Anis Binti Salamah dengan dibimbing Prof. Dr. Nur Kholis, S.Ag. M.Pd. dan Dr. Zaini Fasya S.Ag.M.Pd.I. Kata Kunci: Pelajar Pancasila, Tari Nusantara, Kurikulum Merdeka Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah konsep kurikulum baru yang diperkenalkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 2020. Salah satu bentuk implementasi kurikulum merdeka di SDI Bayanul Azhar Tulungagung adalah dengan menerapakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dirancang untuk menyalurkan potensi siswa melalui bakat dan minat siswa, sehingga menghasilkan siswa yang berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penerapan P5 juga diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila fase B dengan tema tari nusantara dalam kurikulum merdeka belajar di SDI Bayanul Azhar Tulungagung? (2) Bagaimana tahap pelaksanaan implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila fase B dengan tema tari nusantara dalam kurikulum merdeka belajar di SDI Bayanul Azhar Tulungagung? (3) Bagaimana asesmen implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila fase B dengan tema tari nusantara dalam kurikulum merdeka belajar di SDI Bayanul Azhar Tulungagung? Penelitian ini menggunakan kualitatif jenis penelitian deskripsi studi kasus. Sumber datanya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) fase B dengan tema tari nusantara dalam kurikulum merdeka belajar di SDI Bayanul Azhar Tulungagung dirancang secara sistematis. Dimulai dari adanya sosialiasi kurikulum merdeka dan P5 oleh Dinas Pendidikan kepada lembaga sekolah, lembaga sekolah kepada wali murid dan guru kepada siswa kelas IV. (2) Tahap pelaksanaan implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) fase B dengan tema tari nusantara dalam kurikulum merdeka belajar di SDI Bayanul Azhar Tulungagung dimulai dari adanya pemilihan jenis tari nusantara yang akan dipelajari oleh guru dan siswa, penyampaian materi tari selama 2 bulan, latihan tari 2 kali dalam seminggu, dan pertunjukan tari dalam kegiatan panen karya siswa. (3) Asesmen implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) fase B dengan tema tari nusantara dalam kurikulum merdeka belajar di SDI Bayanul Azhar Tulungagung dilaksanakan dalam bentuk 2 penilaian. Pertama asesmen formatif dimana penilaian siswa dilakukan diawal pembelajaran dengan melihat sejauh mana pemahaman siswa mengenai tari nusantara. Kedua asesmen sumatif dimana penilaian siswa dilakukan guru di akhir pembelajaran dengan memberikan soal untuk diambil nilainya.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | 1880505220027 ANIS BINTI SALAMAH |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 01:51 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 01:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54301 |
Actions (login required)
View Item |