PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI ROUDLOTUL ULUM SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ZAINATUL BADI’AH, 12205193130 (2023) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI ROUDLOTUL ULUM SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (969kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Menumbuhkan Karakter Religius melalui Kegiatan Keagamaan di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Zainatul Badi’ah, NIM 12205193130, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, yang dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M. A. Kata Kunci : Peran, Guru, Menumbuhkan Karakter Religius Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena belakangan ini, Banyaknya sekolah umum yang hanya unggul dalam nilai umumnya saja dan kurang dalam bidang keislamannya seperti salah satunya dalam karakter religius peserta didiknya. Minimnya pemahaman tentang karakter religius menjadi masalah dalam dunia pendidikan. Maka dari itu, sekarang ini banyak lembaga pendidikan yang berusaha menciptakan lulusan yang berkualitas baik dalam bidang umum maupun keislaman. Disini penting bagi seorang guru untuk bisa berperan sesuai dengan tugasnya dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (3)Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini terletak di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu :reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Peran guru sebagai pembimbing dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung adalah membimbing spiritual peserta didik dengan menggunakan dua cara yakni melalui pembiasaan dan kegiatan pembelajaran di kelas. Pembiasaan yakni dengan sholat dhuha, sholat dzuhur, wiridan, istighosah yang dilaksanakan pada hari jum’at serta membaca do’a sebelum pembelajaran dikelas. Sedangkan kegiatan pembelajaran dikelas yakni tartil dan tahfidz (2) Peran guru sebagai motivator dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung adalah dengan memberikan dorongan kepada peserta didik seperti memberikan pujian ketika kelas dapat membaca do’a secara serentak. (3) Peran guru sebagai evaluator dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung adalah dengan mengadakan rapat kepala sekolah dan guru di akhir bulan untuk mengetahui hasil dari menumbuhkan karakter religius. Guru juga melakukan evalusi dengan tes lisan. Tes lisan bias anya dilakukan untuk ujian tahfidz (munaqosah tahfidz). Dari situ guru dapat menilai peserta didik yang lulus atau tidak, karena targetnya 6 tahun hafal 3 juz.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193130 ZAINATUL BADI'AH
Date Deposited: 29 Oct 2024 06:22
Last Modified: 29 Oct 2024 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54311

Actions (login required)

View Item View Item