RIA SASTRI VIANI, 2814133153 (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI PADA SISWA KELAS VII MTsN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (692kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (331kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (8kB) |
||
|
Text
BAB 1.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (637kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (637kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (484kB) | Preview |
|
Text
BAB 5.pdf Download (415kB) |
||
Text
BAB 6.pdf Download (308kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (294kB) |
Abstract
ABSTRAK Ria Sastri Viani, 2814133153, 2017, “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar Segi Empat (Persegi Panjang dan Persegi) Kelas VII MTsN Tulungagung“. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Bangun Datar Segi Empat (Persegi Panjang dan Persegi). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi bangun datar segi empat (persegi panjang dan persegi), hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Oleh karena itu, peneliti beranggapan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran baru diharapkan mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga hasil belajar juga meningkat. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada kelas VII MTsN Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar segi empat (persegi panjang dan persegi) kelas VII MTsN Tulungagung. 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar segi empat (persegi panjang dan persegi) kelas VII MTsN Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Tulungagung pada bulan Januari 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Tulungagung berjumlah 336 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-G dan kelas VII-H, dimana kelas VII-G sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa dan kelas VII-H sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 siswa yang diambil berdasarkan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data siswa di MTsN Tulungagung. Data yang diperoleh diolah dengan Independent Samples t-test untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar segi empat (persegi panjang dan persegi) kelas VII MTsN Tulungagung. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar segi empat (persegi panjang dan persegi) kelas VII MTsN Tulungagung menggunakan perhitungan effect size. Hasil analisis data diketahui ada pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar segi empat (persegi panjang dan persegi) kelas VII MTsN Tulungagung dilihat dari perhitungan manual uji t-test dan menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Hasil perhitungan data menunjukkan nilai thitung (4.698) lebih besar dari ttabel (1.991). Dalam arti kata “terdapat pengaruh yang signifikan antara model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Tulungagung. Sedangkan besarnya pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar segi empat (persegi panjang dan persegi) kelas VII MTsN Tulungagung dilihat dari perhitungan effect size menunjukkan nilai 1,0766 di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s tergolong tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133153 RIA SASTRI VIANI |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 03:41 |
Last Modified: | 20 Jul 2017 03:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5466 |
Actions (login required)
View Item |