Yusita Nurfitriyani, 2814133208 (2017) Pengaruh Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (209kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (84kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (20kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (90kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (87kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (29kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (24kB) |
Abstract
Hasil belajar seringkali dijadikan sebagai tolok ukur tercapainya tujuan pendidikan tak terkecuali pada mata pelajaran matematika. Berbagai usaha telah dilakukan pihak sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mulai dari perbaikan metode mengajar, sarana dan prasarana ataupun pengembangan kurikulum. Namun demikian, masih belum mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam hal ini peneliti berasumsi bahwa ada faktor intern siswa yang ikut mempengaruhi hasil belajar matematika siswa yaitu self efficacy yang dikembangkan dari teori sosial milik Albert Bandura. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Bandung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Bandung Tulungagung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simpel random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 siswa. Variabel penelitian meliputi self efficacy sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linier sehingga teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,000. Oleh karena 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap hasil belajar siswa. Koefien determinasi (R2) 0,419 menunjukkan bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel bebas sebesar 41,9%. Hal ini menunjukkan bahwa 41,9% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh self efficacy, sedangkan 58,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Bentuk umum persamaan regresi yang dibentuk yaitu Y=0,649X-14,669 yang berarti bahwa setiap perubahan satu satuan dari X akan diikuti perubahan Y sebesar 0,649.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133208 Yusita Nurfitriyani |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 02:42 |
Last Modified: | 25 Jul 2017 02:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5492 |
Actions (login required)
View Item |