PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI MTS NEGERI 6 TULUNGAGUNG

MOHAMMAD BAHRUL FANANI, 12201173362 (2021) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI MTS NEGERI 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (615kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di MTs Negeri 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Mohammad Bahrul Fanani, NIM. 12201173362, pembimbing Bapak Moh. Mashudi, M.Pd.I Kata Kunci : Peran Guru Akidah Akhlak, Kenakalan Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenakalan remaja yang marak dilakukan oleh siswa di tingkat sekolah menengah pertama atau madrasah tsanawiyah. Hal ini disebabkan oleh dampak buruk perkembangan IPTEK yang cukup pesat. Guru akidah akhlak memiliki peran penting dalam menanggulangi kenakalan siswa. Peran guru dalam menanggulangi kenakalan siswa meliputi peran sebagai teladan,sebagai motivator, dan sebagai fasilitator. Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai teladan dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs Negeri 6 Tulungagung?, 2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs Negeri 6 Tulungagung?, dan 3)Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs Negeri 6 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Peran guru akidah akhlak sebagai teladan dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs Negeri 6 Tulungagung difokuskan pada penguatan etika yang baik dalam diri siswa yang dilakukan dengan beberapa cara yaitu guru selalu menjaga kebiwawaannya sebagai seorang guru, guru senantiasa memelihara perkataan dan perbuatannya, dan guru terlibat aktif dalam kegiatan keagamaan di sekolah. 2) Peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs Negeri 6 Tulungagung dilakukan dengan beberapa cara yaitu guru memberikan reward dan punishment,guru memberikan ceramah terkait dampak buruk kenakalan siswa dan memberikan ceramah terkait manfaat memiliki etika yang baik pada konteks kehidupan nyata, dan guru memberikan motivasi kepada siswa dalam hal beribadah. 3) Peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam menanggulangi kenakalan siswa di MTs Negeri 6 Tulungagung dilakukan dengan beberapa cara yaitu guru membuka ruang konsultasi bagi siswa, guru memberikan pendampingan bagi siswa yang nakal, dan guru bekerja sama dengan pihak sekolah mengadakan program pembiasaan shalat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah, membaca Alquran dan asmaul husna setiap sebelum memulai pembelajaran, dan membaca Yasiin dan istighosah setiap dua minggu sekali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173362 MOHAMMAD BAHRUL FANANI
Date Deposited: 25 Nov 2024 06:44
Last Modified: 25 Nov 2024 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54926

Actions (login required)

View Item View Item