LUKMAN ARIF MUANAF FEDIANTO, 12211193041 (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR FISIKA MATERI GERAK HARMONIK PADA SISWA KELAS X MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (474kB) |
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (71kB) |
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (234kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (275kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (270kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (117kB) |
|
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Skripsi dengan Judul “Analisis Kesulitan Belajar Fisika Materi Gerak Harmonik Pada Siswa Kelas X MAN Kota Blitar” ditulis oleh Lukman Arif Muanaf Fedianto, NIM. 12211193041, pembimbing Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Gerak Harmonik Konteks penelitian dalam penelitian ini adalah siswa yang merasa mengalami kesulitan saat melakukan proses belajar fisika pada materi gerak harmonik. Siswa menganggap materi gerak harmonik merupakan materi fisika yang sulit. Dalam hal ini peneliti meneliti kesulitan belajar siswa dan faktor-faktor apa saja yang menjadikan siswa kesulitan dalam belajar fisika materi gerak harmonik. Pentingnya analisis kesulitan belajar fisika materi gerak harmonik ialah dapat digunakan sebagai referensi untuk menciptakan upaya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi gerak harmonik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kesulitan belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran fisika di kelas X IPA MAN Kota Blitar dan untuk menjelaskan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa pada materi gerak harmonik di kelas X IPA MAN Kota Blitar. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes dilakukan untuk mengambil 6 siswa sebagai subjek dengan kategori rendah, sedang, tinggi. Wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data dengan cara mewawancarai secara langsung siswa yang telah dipilih dari tes dan guru fisika. Dokumentasi digunakan sebagai bukti peneliti telah memberikan tes analisis kesulitan belajar kepada siswa, wawancara peneliti dengan siswa dan guru fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika di kelas X MAN Kota Blitar sudah berjalan dengan baik, namun masih terdapat kesulitan belajar yang dialami siswa dan terdapat faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Siswa mengalami bentuk kesulitan belajar seperti kurangnya motivasi siswa, siswa yang kebingungan karena jarangnya guru menggunakan media dan kurangnya pemahaman konsep yang dialami siswa. Siswa dengan kemampuan tinggi masih menunjukkan kesulitan pada indikator P4. Siswa dengan kemampuan sedang masih menunjukkan kesulitan pada indikator P4. Siswa dengan kemampuan rendah masih menunjukkan kesulitan pada indikator P1, P2, P3, P4. Hal itu bisa terjadi karena ada faktor internal dan eksternal yang membuat siswa mengalami kesulitan belajar. Faktor internal yang terjadi adalah siswa yang mudah bosan saat pembelajaran fisika, kebiasaan belajar siswa yang berbeda-beda dan kondisi tubuh dan mental yang terjadi pada siswa. Faktor eksternal yang memengaruhi siswa menjadi sulit untuk belajar fisika pada materi gerak harmonik adalah kurangnya perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar siswa, kondisi lingkungan kelas yang tidak kondusif dan hubungan guru dengan murid yang tidak terlalu akrab. asdasdas
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211193041 LUKMAN ARIF MUANAF FEDIANTO |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 07:31 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 07:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54998 |
Actions (login required)
View Item |