PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN BERBASIS INFOGRAFIS PADA MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

MIFTAKHUL JANNAH, 12212183029 (2023) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN BERBASIS INFOGRAFIS PADA MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (471kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengembangan Modul Kimia Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Berbasis Infografis pada Materi Struktur Atom untuk Siswa Kelas X SMA/MA” ini ditulis oleh Miftakhul Jannah, NIM 12212183029, Pembimbing Mike Rahayu, M.Pd., M.Sc. Kata kunci: Modul, Integrasi Keislaman, Infografis, Struktur Atom Bidang pendidikan mengaharapkan agar seluruh mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia siswa. Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman pada materi pembalajaran kimia. Namun kenyataannya pada proses pembelajaran guru belum sepenuhnya mengintegrasikan materi kimia dengan nilai-nilai keislaman. Selain itu bahan ajar yang digunakan selama ini juga belum dapat memfasilitasi tumbuhnya nilai-nilai keislaman dalam diri siswa. Seringkali bahan ajar yang sediakan pihak sekolah terlalu rumit untuk dipahami dan kurang menarik perhatian siswa. Minat siswa dalam mempelajari suatu materi dapat meningkat ketika sebuah informasi disajikan secara menarik. Tujuan penelitian ini untuk 1) mengembangkan modul kimia terintegrasi nilai-nilai keislaman berbasis infografis pada materi struktur atom untuk siswa kelas X SMA/MA, 2) mengetahui validitas modul, dan 3) mengetahui respon siswa terhadap modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembanga 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan 3 tahap pengembangan yaitu, Define, Design, dan Develop. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk analisis kebutuhan pengembangan produk, lembar validasi untuk mengetahui validitas produk, dan angket siswa untuk menganalisis kebutuhan pengembangan produk, karakter siswa, serta mengetahui respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Uji validitas dilakukan oleh 2 dosen Tadris Kimia dan 1 guru kimia MA Matholi’ul Anwar Lamongan sebagai ahli materi dan ahli media. Uji respon siswa dilakukan secara terbatas dengan melibatkan 26 siswa kelas XI Unggulan IPA MA Matholi’ul Anwar Lamongan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitalif. Hasil penelitian ini berupa 1) produk bahan ajar dalam bentuk modul kimia terintegrasi nilai-nilai keislaman berbasis infografis pada materi struktur atom untuk siswa kelas X SMA/MA. 2) Hasil penilaian validator ahli materi mendapat persentase 89% dengan kriteria sangat layak dan ahli media mendapat persentase 93% dengan kriteria sangat layak. 3) Hasil uji respon siswa terhadap modul kimia pada kriteria sangat baik dengan persentase 91%. Berdasarkan hasil tersebut modul yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif pada pembelajaran kimia materi struktur atom.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Atom
Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212183029 MIFTAKHUL JANNAH
Date Deposited: 11 Dec 2024 08:29
Last Modified: 11 Dec 2024 08:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55106

Actions (login required)

View Item View Item