NUR AINI, 1880506220003 (2024) IMPLEMENTASI SEGREGASI KELAS BERBASIS ABILITY GROUPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASANTRI (Studi Kasus Program Madrasah Diniyah di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (555kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (831kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (471kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (705kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (806kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (493kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Implementasi Segregasi Kelas Berbasis Ability Grouping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasantri, Studi Kasus Pada Program Madrasah Diniyah di UIN SATU Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Aini NIM. 1880506220003 Jurusan Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Negeri Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Ahmad Tanzehm M. Pd.I dan Dr. H. Khoirul Anam, M. Pd.I. Kata Kunci: Segregasi Kelas; Ability Grouping, Prestasi Belajar Penerapan segregasi kelas pada program Madrasah Diniyah merupakan respon kampus mengenai beragamnya latar belakang pendidikan dari mahasantri baru, yang dimana terdapat dari sekolah umum dan sekolah islami. Hal ini menimbulkan tidak meratanya pemahaman agama Islam yang diajarkan di madin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis temuan dan membangun proposisi tentang implementasi segregasi kelas berbasis Ability Grouping untuk meningkatkan prestasi belajar mahasantri, dengan merumuskan empat rumusan masalah, yaitu: 1) Perencanaan implementasi segregasi kelas berbasis Ability Grouping?, 2) Mekanisme implementasi segregasi kelas berbasis Ability Grouping?. 3) Pengawasan implementasi segregasi kelas berbasis Ability Grouping ?, 4) Evaluasi implementasi segregasi kelas berbasis Ability Grouping untuk meningkatkan prestasi belajar mahasantri pada program Madrasah Diniyah di UIN SATU Tulungagung. Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus serta pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sedangkan langkah-langkah analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan implementasi meliputi latar belakang, tujuan, persiapan dan sarana prasarana. 2) Mekanisme implementasi meliputi tahapan pelaksanaan dan kriteria kelayakan kelas, dan perbedaan sebelum dan sesudah penerapan. 3) Pengawasan implementasi meliputi monitoring dan pemantuan online. 4) Evaluasi implementasi meliputi evaluasi sumatif dan formatif, beberapa faktor permasalahan serta penyelesaian masalah dari penerapan sistem segregasi kelas berbasis Ability Grouping pada program Madrasah Diniyah di UIN SATU Tulungagung.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Prestasi Belajar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1880506220003 NUR AINI |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 01:36 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 01:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55144 |
Actions (login required)
View Item |