IVA ZUHANA KAMALIA, 126211202054 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI TEKANAN ZAT CAIR KELAS VIII DI MTs NIDHOMIYAH SUROWONO KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (612kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (328kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (553kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (407kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (843kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa pada Materi Tekanan Zat Cair Kelas VIII di MTs Nidhomiyah Surowono Kediri” ini ditulis oleh Iva Zuhana Kamalia, NIM 126211202054, Program Studi Tadris Fisika Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen pembimbing Ibu Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Keaktifan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Pemahaman Konsep. Dalam dimensi pendidikan, penting untuk menumbuhkembangkan minat belajar dan mengajar pada siswa, terlebih siswa sebagai penerus generasi bangsa tingkat lanjut. Kurangnya minat siswa terhadap pelaksanan pembelajaran mengakibatkan minimnya siswa atas pemahaman materi pembelajaran. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang di terapkan hanya menggunakan model pembelajaran konvensional, dimana siswa hanya mendengarkan penjelasan guru. Oleh karena itu pendidik diharap mengubah model pembelajaran agar siswa lebih aktif dan memahami materi yang di pelajari. Salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Model pembelajaran tersebut dilakukan dengan pembentukan kelompok asal dan kelompok ahli. Dimana kelompok ahli akan diberi tanggung jawab untuk menjelaskan materi kepada kelompok asal. Model pembelajaran tersebut dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep pada materi Tekanan Zat Cair kelas VIII di MTs Nidhomiyah Surowono Kediri. 2) Untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Keaktifan Siswa pada materi Tekanan Zat Cair kelas VIII di MTs Nidhomiyah Surowono Kediri. 3) Untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa pada materi Tekanan Zat Cair kelas VIII di MTs Nidhomiyah Surowono Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasy Eksperiment dengan desain non-equivalent control group design. Valiabel bebas pada penelitian ini yaitu Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, variabel terikat yaitu Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa, dan variabel kontrolnya yaitu materi Tekanan Zat Cair kelas VIII di MTs Nidhomiyah Surowono Kediri. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di MTs Nidhomiyah Surowono Kediri sebanyak 110 siswa. Adapun sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 dan siswa kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 26. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T-tes (Independen Sampling T-tes) dan uji (Multivarians Analisis of Varians) MANOVA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Tekanan Zat Cair Kelas VIII di MTs Nidhomiyah Surowono Kediri dengan nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05. 2) Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Keaktifan Siswa pada Materi Tekanan Zat Cair Kelas VIII di MTs Nidhomiyah Surowono Kediri dengan nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05. 3) Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa pada Materi Tekanan Zat Cair Kelas VIII di MTs Nidhomiyah Surowono Kediri dengan nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05.(2-tailed) 0.000 < 0.05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211202054 IVA ZUHANA KAMALIA |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 01:58 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 01:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55197 |
Actions (login required)
View Item |