Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) berbantuan Powerpoint terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Siswa Kelas X MIA MAN Kota Blitar Tahun Ajaran 2016/2017

Bayu Setiawan, 2814133027 (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) berbantuan Powerpoint terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Siswa Kelas X MIA MAN Kota Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (480kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (856kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (632kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Berbantuan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Siswa Kelas X MIA MAN Kota Blitar Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Bayu Setiawan, NIM. 2814133027 dibimbing oleh Dr. Maryono, M. Pd. Kata kunci: Penemuan terbimbing (Guided Discovery), Powerpoint, Hasil Belajar Permasalahan pembelajaran di kelas pun bisa diatasi dengan menerapkan kurikulum yang dimodifikasi dengan kreatifitas guru. Desain pembelajaran yang merangsang siswa untuk belajar mandiri, lebih aktif, dan kreatif sesuai dengan kenyamanan siswa dalam belajar. Dengan bantuan teknologi, model pembelajaran yang yang mungkin adalah penemuan terbimbing (guided discovery) dengan didukung media powerpoint. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) berbantuan powerpoint terhadapap hasil belajar matematika materi trigonometri siswa kelas X MIA MAN Kota Blitar, 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) berbantuan powerpoint terhadapap hasil belajar matematika materi trigonometri siswa kelas X MIA MAN Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa dari dua kelas di MAN Kota Blitar yaitu X MIA 2 dan X MIA 4, dimana kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa menggunakan model pembelajaran konvensional dan X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 41 siswa menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery). Mata pelajaran yang diteliti adalah mata pelajaran matematika materi trigonometri yakni pokok bahasan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data disimpulkan bahwa, ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar matematika materi trigonometri siswa kelas X MAN Kota Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji-t yang menunjukkan nilai t_hitung=3,268>t_tabel=2,000 dan rata-rata hasil post-test kelas eksperimen = 87,59 lebih tinggi dari pada kelas kontrol = 77,84. Siswa dituntut berperan aktif dalam pembelajaran atas bimbingan guru untuk memecahkan sendiri permasalahan dan memahami konsep yang dipelajari melalui pengalaman sendiri. Model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) berbantuan powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada materi trigonometri siswa kelas X MIA MAN Kota Blitar dengan kategori sedang yaitu 76%. Hal ini dikarenakan faktor kecerdasan dan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika, disisi lain terbatasnya waktu penelitian sehingga dalam pemberian latihan soal kurang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S. Pd. 2814133027 Bayu Setiawan
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:27
Last Modified: 27 Jul 2017 04:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5534

Actions (login required)

View Item View Item