NIHAYATUL HUSNIYAH, 2817133121 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III MI ROUDLOTUS SALAFIYAH PUCUNG NGANTRU TULUNGANGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (976kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” ditulis oleh Nihayatul Husniyah, NIM 2817133121. Dibimbing Oleh. Ibu Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Model Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran matematika di MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung yang masih dibawah rata-rata. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model Student Team Achievement Division (STAD). Penerapan model tersebut diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar matematika. Sehingga prestasi belajar dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model cooperative learning tipe student teams achievement divisions (STAD) dalam belajar matematika materi perkalian peserta didik kelas III MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar matematika materi perkalian melalui penerapan model cooperative learning tipe student teams achievement divisions (STAD) peserta didik kelas III MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model cooperative learning tipe student teams achievement divisions (STAD) dalam belajar matematika materi perkalian peserta didik kelas III MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika materi perkalian melalui penerapan model cooperative learning tipe student teams achievement divisions (STAD) peserta didik kelas III MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran koopeatif tipe student teams achievement divisions (STAD) ada beberapa tahap, diantaranya: Penyampaian tujuan dan materi, membagi kelompok menjadi 5 kelompok, membimbing untuk segera menyelesaikan tugas kelompok dan presentasi kelompok, memberikan kuis individu, dan penghargaan kelompok. 2) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika. Hal ini dapat diketahui nilai rata-rata peserta didik pada saat tes awal dengan rata-rata 40,45 (pre test), meningkat menjadi 64,09 (post test siklus I), dan meningkat lagi menjadi 85,45 (Post test siklus II). Selain dilihat dari nilai rata-rata peserta didik, dapat diketahui dari presentase ketuntasan belajar peserta didik. Tingkat ketuntasan belajar peserta didik meningkat dari tes awal 14% menjadi 45% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 86% pada siklus II. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika peserta didik kelas III MI Roudlotus Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12505174034 NIHAYATUL HUSNIYAH |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 04:39 |
Last Modified: | 27 Jul 2017 04:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5539 |
Actions (login required)
View Item |