PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK DI MTSN 5 KEDIRI

LAILATUL KHURNIAWATI, 126201203261 (2024) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK DI MTSN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text
LAMPIRAN BELAKANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Perilaku Sosial Peserta Didik di MTsN 5 Kediri” ini ditulis oleh Lailatul Khurniawati NIM. 126201203261. Jurusan Tarbuyah Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Peran guru Akidah Akhlak, perilaku sosial, nilai jujur, nilai peduli, nilai sopan santun. Perilaku sosial peserta didik berguna untuk membimbing mereka dalam bermasyarakat. Dalam proses pendidikan disekolah, perilaku sosial sangat diperlukan agar peserta didk dapat melakukan interaksi secara positif terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya. Namun fakta yang ada menunjukkan bahwa sebagian peserta didik memiliki perilaku sosial yang kurang baik antara lain tidak sopan kepada guru, berbicara kotor sesama teman sebaya, dan tidak menghiraukan guru. Sehingga perlunya peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan perilaku sosial peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai jujur pada peserta didik di MTsN 5 Kediri?. (2) Bagaimana Peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai peduli pada peserta didik di MTsN 5 Kediri?. (3) Bagaimana Peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai nilai sopan pada peserta didik di MTsN 5 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduction, data display, dan conclusion drawing/verification Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan 1) Peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai jujur pada peserta didik di MTsN 5 Kediri adalah keteladanan dan pembiasaan nilai jujur, pemberian arahan melalui ceramah dan diskusi, pengajaran melalui kisah inspiratif dan aturan jujur, penyelesaian masalah dengan pendekatan empati, dan penghargaan terhadap kejujuran serta konsekuensi. 2) Peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai peduli pada peserta didik di MTsN 5 Kediri adalah sikap peduli di lingkungan sekolah, menanamkan nilai peduli di dalam kegiatan belajar mengajar, mencontohkan perilaku peduli dari hal-hal kecil seperti menjaga kebersihan, menilai sikap peduli melalui observasi, dan guru memberikan keteladanan secara konsisten. 3) Peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai sopan santun pada peserta didik di MTsN 5 Kediri adalah pembiasaan nilai 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) dan serta meminta maaf, menghormati yang lebih tua, guru berperan aktif dalam mencontohkan perilaku sopan santun di dalam dan luar kelas, dan melakukan kerjasama dengan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Tasawuf
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203261 LAILATUL KHURNIAWATI
Date Deposited: 08 Jan 2025 01:01
Last Modified: 08 Jan 2025 01:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55512

Actions (login required)

View Item View Item