PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMA NEGERI 1 DURENAN

KHOIRUNISA KUSUMASTUTI, 12208193095 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMA NEGERI 1 DURENAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (858kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis oleh Khoirunisa Kusumastuti, NIM. 12208193095. Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X di SMA Negeri 1 Durenan”. Dosen pembimbing M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. NIDN. 2017028801. Kata Kunci : Probem Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini merupakan salah satu pentingnya peran guru dalam menerapkan model pembelajaran yang tepat agar mampu melibatkan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba melakukan kontribusi untuk menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yang melibatkan siswa secara aktif melalui permasalahan nyata untuk berfikir kritis dan mencari solusi terhadap permasalahan tersebut. Model pembelajaran Problem Based Learning sesuai dengan pembelajaran IPA yang menuntut siswa untuk menemukan, mengolah, dan menyimpulkan hasil temuannya sehingga pengalaman dalam pembelajaran akan lebih bermakna dan terwujudnya tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X di SMA Negeri 1 Durenan, (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X di SMA Negeri 1 Durenan, (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis kurikulum merdeka terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X di SMA Negeri 1 Durenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent Pretest Posttest Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Durenan. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan sampel penelitian yaitu kelas X-B sebagai kelas eksperimen dan kelas X-E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur motivasi siswa dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji t dan Manova. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil analisis uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil analisis uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil analisis uji manova diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193095 KHOIRUNISA' KUSUMASTUTI
Date Deposited: 14 Jan 2025 07:29
Last Modified: 14 Jan 2025 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55596

Actions (login required)

View Item View Item