ILMIDA NUR ANGGRAINI, 126201201007 (2024) PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XII AGAMA DI MAN 2 LAMONGAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (230kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
|
Text
LAMPIRAN BELAKANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Student Teams Achivement Divisions (STAD) untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas XII Agama di MAN 2 Lamongan” ini ditulis oleh Ilmida Nur Anggraini NIM 126201201007. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Metode Student Teams Achivement Divisions (STAD), Kejenuhan Belajar, Aqidah Akhlak. Pada pembelajaran agama khususnya mata pelajaran Aqidah Akhlak, guru hanya menjelaskan apa yang tertulis di buku. Guru menggunakan metode monoton berupa tanya jawab dan ceramah. Sehingga sebagian besar siswa menjadi bosan, jenuh dan kurang memperhatikan guru. Dalam upaya mengurangi kejenuhan belajar, metode Student Teams Achivement Divisions (STAD) dipilih karena siswa dituntut untuk bekerja sama dan bertanggung jawab, lebih unggul dari metode yang monoton, dan memunculkan keaktifan peserta didik untuk selalu kritis. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pelaksanaan metode Student Teams Achivement Divisions (STAD) untuk mengurangi kejenuhan belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak melalui Pendidikan Agama Islam kelas XII Agama MAN 2 Lamongan? (2) Bagaimana pelaksanaan metode Student Teams Achivement Divisions (STAD) untuk mengurangi kejenuhan belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak melalui Pendidikan Agama Islam kelas XII Agama MAN 2 Lamongan? (3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan metode Student Teams Achivement Divisions (STAD) untuk mengurangi kejenuhan belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak melalui Pendidikan Agama Islam kelas XII Agama MAN 2 Lamongan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Guru melakukan persiapan perangkat pembelajaran, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, dan teknik pembelajaran Aqidah Akhlak melalui metode STAD dalam mengurangi kejenuhan belajar. (2) Guru melaksanakan pembukaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penutup pembelajaran dalam menerapkan metode STAD. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran terdiri dari tahap penyampaian materi pembelajaran, membentuk kelompok, pemberian tugas dan masalah, berdiskusi dan tanya jawab, dan kuis. (3) Terdiri dari dua jenis evaluasi yaitu formatif dan sumatif. Evaluasi formatif secara individu dan kelompok. Sedangkan evaluasi secara berkelompok dilihat dari kerjasama dan hasil nilai atau skor saat diberikan kuis, proses presentasi, dan kejelasan menjelaskan materi dan menjawab pertanyaan di depan kelas. Sementara evaluasi sumatif berupa PTS dan PAS dilakukan untuk mengetahui kemapuan siswa secara keseluruhan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201201007 ILMIDA NUR ANGGRAINI |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 06:14 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 06:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55601 |
Actions (login required)
View Item |