FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT ANAK TERHADAP MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MENGGUNAKAN PROYEKTOR PADA KELOMPOK B DI RA DARUSSALAM CURAMALANG SUMOBITO JOMBANG

NIKITA ROHMATUN NADHILA, 12206193002 (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT ANAK TERHADAP MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MENGGUNAKAN PROYEKTOR PADA KELOMPOK B DI RA DARUSSALAM CURAMALANG SUMOBITO JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (22kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Anak Terhadap Media Audio Visual dalam pada Kelompok B DI RA Darussalam Curahmalang Sumobito Jombang” ini ditulis oleh Nikita Rohmatun Nadhila, Nim. 12206193002, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh: Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata kunci : Faktor-faktor yang mempengaruhi minat, Media Audio Visual Pendidikan pada hakikatnya sebagai bentuk bimbingan yang diberikan secara terencana, memerlukan proses, memerlukan evaluasi guna mengoptimalkan perkembangan potensi yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pembinaan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Melalui pembelajaran audio visual diharapkan dapat menjadi sarana yang efektif untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak usia dini. Minat belajar tergambar dari adanya motivasi belajar pada anak yang merupakan suatu keadaan di dalam diri anak yang mampu mendorong dan mengarahkan perilaku mereka kepada pencapaian tujuan yang ingin dicapainya dalam mengikuti pendidikan di sekolah. Tanpa adanya minat yang tinggi sebaik apapun fasilitas yang ada di sekolah, maka anak tetap akan malas untuk belajar. Sebagai seorang guru permasalahan yang sering ditemukan adalah anak tidak fokus dan tidak konsentrasi saat mengikuti pembelajaran. Salah satu faktor dari permasalahan tersebut adalah kurangnya minat anak untuk mengikuti kegatan dalam pembelajaran, serta kurangnya motivasi guru terhadap anak, kurangnya kesiapan guru sehingga membuat terkendalanya waktu berkurang. Dalam suatu pembelajaran banyaknya kekurangan salah satunya disini yaitu kurangnya minat anak terhadap media yang digunakan. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Anak Terhadap Media Audio Visual pada Kelompok B Di RA Darussalam Curahmalang Sumobito Jombang . Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tringulasi. Dimana Teknik ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk Teknik analisis datanya menggunakan tiga tahapan, dari ketiga tahapan tersebut yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dengan menggunakan tringulasi sumber, tringulasi Teknik dan tringulasi waktu. Sedangkan tahap dalam penelitian yaitu pra lapangan atau obervasi, pelaksanaan penelitian, analisis data dan pelaporan hasil penelitian. Hasil dari skripsi ini ialah sebelum pelaksanakan pembelajaran media audio visual guru melakukan, kurangnya minat anak terhadap media yang digunakan, kurangnya motivasi guru terhadap anak dalam pembelajaran, kesiapan guru dan anak sebelum pelaksanaan pembelajaran, mengatasi rasa bosan pada anak dan kurangnya fokus anak pada saat pelaksanaan pembelajaran berlangsung, Serta kendala dalam proses pembelajaran media audio visual

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193002 NIKITA ROHMATUN NADHILA
Date Deposited: 23 Jun 2025 10:30
Last Modified: 23 Jun 2025 10:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55933

Actions (login required)

View Item View Item