EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MATERI LINGKARAN DI SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI

SITI ROQOYAH, 2814133184 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MATERI LINGKARAN DI SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (412kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Evektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Materi Lingkaran di SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI” ini ditulis oleh Siti Roqoyah NIM 2814133184 dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Numbered Head Together (NHT), Hasil belajar. Matematika merupakan ilmu yang bersifat universal selain itu matematika juga merupakan alat bantu untuk mengatasi berbagai macam masalah yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Peranan matematika sangatlah penting. Untuk itu kemampuan matematika sangat diperlukan diperlukan untuk menguasai dan menciptakan teknologi dimasa depan. Oleh karena itu, anak dituntut untuk dapat menguasai matematika dengan baik melalui pembelajaran. Selama ini pembelajaran matematika disekolah masih berlangsung satu arah karena kegiatan masih terpusat pada guru. Hal ini menyebabkan siswa yang belum jelas tidak bisa terdeteksi oleh guru. Selain itu, siswa kurang terlatih dalam mengembangkan ide-idenya di dalam memecahkan masalah. Penguasaan dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika sangat lemah dan tidak mendalam. Akibatnya, hasil belajar matematika siswa rendah. Dengan adanya variasi model pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif yang berbentuk diskusi kelompok dapat melatih kerjasama antar siswa dan keberanian siswa untuk mengungkapkan pendapatnya di dalam kelas mengenai materi yang dipelajarinya. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh para guru adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII materi lingkaran di SMP Islam Sunan Gunung Jati, (2) Untuk mengetahui besar efektivitas model pembelajara kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII materi lingkaran di SMP Islam Sunan Gunung Jati. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Sunan Gunung Jati. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik sample random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII H sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) Observasi, 2) Studi dokumenter, 3) Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus t-test Berdasarkan hasil analisis data diketahui: (1) model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII materi lingkaran di SMP Islam Sunan Gunung Jati. (2) Besarnya efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII materi lingkaran di SMP Islam Sunan Gunung Jati adalah 0,5456, di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s adalah 69% maka tergolong sedang. Dalam upaya kemajuan dan keberhasilan pelaksanaan proses belajar mengajar diharapkan seorang guru dapat memilih model pembelajan kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk mendorong siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar serta meningkatkan kreativitas dan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat khususnya matematika sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133184 SITI ROQOYAH
Date Deposited: 31 Jul 2017 04:24
Last Modified: 31 Jul 2017 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5606

Actions (login required)

View Item View Item