RURIYATUS SHOLIKAH, 2817133173 (2017) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI MUNJUNGAN II TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (781kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (695kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (197kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (365kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (205kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (88kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Kreatifitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di MI Munjungan II Trenggalek” ini ditulis oleh Ruriyatus Sholikah , NIM 2817133173,Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulugagung, Pembimbing Dr.H.Syamsun Ni’am,M.Ag. Kata Kunci : Kreatifitas Guru , Motivasi belajar MI Munjungan II Penelitian ini berkaitan dengan kreatifitas guru dalam meningkatakan motivasi belajar peserta didik. Kreatifitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik harus biasa mengkombinasikan berbagai macam metode dan media pembelajaran yang bervariatif yang dapat memberikan rasa kenyamanan pada saat pembelajaran berlangsung. Pada saat ini sosok guru yang kreatif sangat dibutuhkan didalam kelas. Seorang guru diharapkan mampu menampilkan dan mengembangkan kreatifitasnya dalam mengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Di dalam proses pembelajaran motivasi sangat penting , karena dengan adanya motivasi proses pembelajaran biasa berlangsung dengan maksimal. Focus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana kreativitas guru dalam penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar di MI Munjungan II Trenggalek ? 2) Bagaimana kreativitas guru dalam memilih media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar belajar di MI Munjungan II Trenggalek ? Tujuan penelitian ini yang pertama untuk mengetahui proses seorang guru dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Munjungan II Trenggalek, yang kedua untuk mengetahui bagaimana proses seorang guru dalam memilih media pembelajaran untuk meningkatakan motivasi belajar peserta didik di MI Munjungan II Trenggalek. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif-induktif , teknik pengumpulan data, observasi partisispan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data : sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik analisis data berupa reduksi data, penyaian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data: Perpanjangan keikutsertaan, Ketekunan/ keajegan pengamatan,triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian tentang kreatifitas ini menunjukkan bahwa : 1). Dalam mengembangkan metode pembelajaran, untuk meningkatakan motivasi belajar peserta didik guru menggunakan berbagai macam metode tidak hanya satu metode saja agar metode tersebut bervariasi dan peserta didik tidak merasa bosan. 2) dalam memilih media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik guru melakukan perencanaan pembelajaran terlebih dahulu , kemudian memilih media yang tepat dan sesuai dengan materi yang akan disampaikan, serta melihat kondisi siswa dan juga tujuan pembelajaran agar hendak dicapai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133173 RURIYATUS SHOLIKAH |
Date Deposited: | 09 Jan 2018 07:19 |
Last Modified: | 09 Jan 2018 07:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5652 |
Actions (login required)
View Item |