GALUH DEWITA SANDI, 126405212094 (2024) PENGARUH FEAR OF MISSING OUT, PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG ANGKATAN 2021. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Fear of Missing Out, Penggunaan Media Sosial dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan 2021” ini ditulis oleh Galuh Dewita Sandi, NIM. 126405212094, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Jurusan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, pembimbing Lativa Hartiningtyas, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi, di mana informasi mengenai produk dan layanan dapat diakses dengan sangat mudah melalui berbagai platform digital. Mahasiswa, sebagai kelompok yang paling aktif menggunakan media sosial, menjadi sangat rentan terhadap pengaruh yang muncul dari platform tersebut, salah satunya yaitu fenomena Fear of Missing Out (FoMO). FoMO dapat mempengaruhi perilaku konsumtif karena paparan konten yang relevan dengan minat dan preferensi mereka, yang seringkali mendorong mahasiswa untuk melakukan pembelian impulsif atau mengikuti tren tertentu yang sedang populer agar tidak merasa tertinggal dari kelompok sosialnya. Kelompok teman sebaya juga memiliki pengaruh besar dalam membentuk perilaku konsumtif mahasiswa. Kebutuhan akan penerimaan sosial dan keinginan untuk tidak berbeda dari kelompok teman sebaya dapat mendorong mahasiswa untuk meniru pola konsumsi yang sama dengan temantemannya, meskipun hal tersebut mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan atau kemampuan finansial mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan secara online kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung angkatan 2021. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 301 responden. Data hasil kuesioner diolah menggunakan SPSS 20 dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, analisis, deskriptif, uji multikolinearitas, uji regresi berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi,), uji hipotesis (uji F dan uji T), dan uji koefisien determinasasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel fear of missing out, penggunaan media sosial dan kelompok teman sebaya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung angkatan 2021 sebesar 51,6%, sedangkan sisanya 48,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Selanjutnya secara parsial variabel fear of missing out, penggunaan media sosial dan kelompok teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa. Kata Kunci: fear of missing out, kelompok teman sebaya, media sosial, perilaku konsumtif
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Belanja Online Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Manajemen Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 126405212094 GALUH DEWITA SANDI |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 02:02 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 02:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56683 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |