Siti Cholifatul Mahzuni, 2817133182 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QUR’AN HADITS KELAS IV MI AL GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (731kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Cholifatul Mahzuni, NIM. 2817133182, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Kooperatif, Numbered Head Together, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi pada rendahnya hasil belajar yang dicapai peserta didik pada mata pelajaran Qur’an Hadits khususnya pada pokok bahasan hadits tentang takwa. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman terhadap materi yang disampaikan. Model pembelajaran yang telah digunakan dirasa kurang mampu membuat peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga minat belajar peserta didik berkurang. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan keaktifan peserta didik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana peningkatan kerjasama peserta didik pada mata pelajaran Qur’an Hadits materi Hadits tentang Takwa melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 ? 2) Bagaimana peningkatan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Qur’an Hadits materi Hadits tentang Takwa melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together di kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 ? 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Qur’an Hadits materi Hadits tentang Takwa melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 ? Adapun tujuan penelitian ini meliputi : 1) Untuk menganalisis peningkatan kerjasama peserta didik pada mata pelajaran Qur’an Hadits materi Hadits tentang Takwa melalui penerapan model kooperatif tipe numbered head together kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. 2) Untuk menganalisis peningkatan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Qur’an Hadits materi Hadits tentang Takwa melalui penerapan model kooperatif tipe numbered head together kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. 3) Untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Qur’an Hadits materi Hadits tentang Takwa melalui penerapan model kooperatif tipe numbered head together kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yakni: 1) menyusun perencanaan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action), 3) melaksanakan pengamatan (observing), 4) mengadakan refleksi (reflection). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 yaitu terdiri dari 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: 1) reduksi data, 2) menyajikan data, 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pada rumusan 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan kerjasama mata pelajaran Qur’an Hadits. Hal ini dapat dibuktikan dengan prosentase pengamatan kerjasama peserta didik yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 72,00% meningkat menjadi 85,33% dengan kategori baik. Pada rumusan 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan keaktifan mata pelajaran Qur’an Hadits. Hal ini dapat dibuktikan dengan prosentase pengamatan keaktifan siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yaitu 70% meningkat menjadi 80% dengan kategori baik. Pada rumusan 3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Qur’an Hadits. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan prosentase hasil belajar peserta didik dari pre test ke siklus I dan siklus II yaitu nilai rata-rata hasil pre test 53,79 (6,89%) meningkat pada siklus I menjadi 75,51 (58,62%) dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 82,06 (89,65%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Qur’an Hadits peserta didik kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133182 Siti Cholifatul Mahzuni |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 08:08 |
Last Modified: | 08 Aug 2017 08:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5671 |
Actions (login required)
View Item |