RIRIN INDRIANA, 2817133157 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS III SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (440kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (338kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (552kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (636kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (294kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur`an Hadits Peserta Didik Kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung” ini ditulis oleh Ririn Indriana, NIM. 2817133157, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Eni Setyowati, S.Pd. M.M. Kata Kunci: Model Numbered Head Together, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya pengetahuan para peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung dalam mempelajari Al-Qur’an Hadits dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits ada beberapa model pembelajaran yang biasa digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satunya adalah model Numbered Head Together, yaitu model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan yang beranggotakan 5-6 peserta didik dengan sistem pengelompokan yang heterogen, tahap pelaksanaanya meliputi tahap penomoran, pengajuan pertanyaan, berfikir bersama dan menjawab pertanyaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kerjasama dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits materi shalat berjamaah dengan menggunakan model Cooperative learning tipe Numbered Head Together peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits materi shalat berjamaah dengan menggunakan model Cooperative learning tipe Numbered Head Together peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? (3) bagaimana peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi shalat berjamaah dengan menggunakan model Cooperative learning tipe Numbered Head Together peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan peningkatan kerjasama dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits materi shalat berjamaah dengan menggunakan model Cooperative learning tipe Numbered Head Together peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. (2) untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits materi shalat berjamaah dengan menggunakan model Cooperative learning tipe Numbered Head Together peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. (3) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi shalat berjamaah dengan menggunakan model Cooperative learning tipe Numbered Head Together peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan PTK (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model Cooperatif Learning tipe Numbered Head Together pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi shalat berjamaah dapat meningkatkan kerjasama peserta didik. hal ini dibuktikan adanya peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu meningkat sebesar 8 dengan persentase 10,71%. 2) Penerapan model Cooperatif Learning tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5 dengan persentase 33,33%. 3) Penerapan model Cooperatif Learning tipe Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur`an Hadits peserta didik. Adanya peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7,88 dengan persentase 18,18%. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar Al-Qur`an Hadits peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung Tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133157 RIRIN INDRIANA |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 07:23 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 07:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5672 |
Actions (login required)
View Item |