STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA UMKM BERKAH FRIED CHICKEN KABUPATEN JOMBANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

ABDURRAHMAN, 126402202070 (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA UMKM BERKAH FRIED CHICKEN KABUPATEN JOMBANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (966kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Urgensi adanya penelitian ini kian dibutuhkan sebab dalam mengembangkan bisnisnya, pemilik UMKM Berkah Fried Chicken tetap mengedepankan nilai-nilai keislaman. Sehingga menarik untuk dikaji, sudah sejauh mana penerapan nilai-nilai keislaman tersebut, mulai dari permodalan, kualitas produknya, sumber dayanya, dan unsur-unsur lainnya. Penelitian bertujuan mengetahui penerapan prinsip-prinsip ekonomi syariah dalam pengembangan strategi UMKM Berkah Fried Chicken Kabupaten Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dengan teknik analisis data reduksi data yaitu merangkum data yang telah dikumpulkan Data yang diperoleh dari observasi, wawancara/interview, dan dokumentasi. Dilanjutkan dengan langkah data display (penyajian data) yaitu dengan dengan bentuk uraian singkat, bagan, hubungan antar kategori dan teks yang bersifat naratif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa UMKM Berkah Fried Chicken di Kabupaten Jombang dalam menjalankan Strategi pemasaran menunjukkan keberhasilan dalam menciptakan keunggulan kompetitif lewat konsistensi kualitas produk dan pemanfaatan media sosial untuk branding lokal. Dalam menjalankan usahanya, kendala yang dihadapi UMKM Berkah Fried Chicken ialah keterbatasan modal, fluktuasi harga bahan baku, kapasitas produksi yang terbatas, serta kurang optimalnya penguasaan teknologi pemasaran. Selanjutnya penerapan UMKM Berkah Fried Chicken menerapkan prinsip-prinsip ekonomi syariah dalam setiap aspek operasionalnya. UMKM Berkah Fried Chicken dapat menerapkan prinsip ekonomi Islam seperti kejujuran, keadilan, dan transparansi dalam operasional untuk membangun kepercayaan pelanggan. Branding berbasis nilai-nilai Islam melalui platform digital, seperti media sosial, dapat membantu menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu, pengembangan produk halal bersertifikat yang sesuai dengan kebutuhan pasar muslim yang dapat menarik lebih banyak konsumen. Dengan demikian, penerapan prinsip-prinsip ekonomi syariah dalam pengembangan strategi UMKM Berkah Fried Chicken dapat dinilai telah terlaksana dengan baik. Kata Kunci: UMKM, Berkah Fried Chicken, Ekonomi Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402202070 ABDURRAHMAN
Date Deposited: 02 May 2025 04:16
Last Modified: 02 May 2025 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56946

Actions (login required)

View Item View Item