PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK HIMPUNAN KELAS VII MTs DARUSSALAMKADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017

IKA NUR ARIFFIYANTI SEPTIANA, 2814133081 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK HIMPUNAN KELAS VII MTs DARUSSALAMKADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (918kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SEPTIANA, IKA NUR ARIFFIYANTI. NIM. 2814133081, 2017 “Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Himpunan Kelas VII MTs Darussalam”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Tadris Matematika, IAIN Tulungagung, 2017. Pembimbing: Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Ketrampilan Proses, Hasil Belajar Peserta didik perlu diberikan kemampuan yang hendak dikembangkan agar proses pembelajaran berjalan dengan baik melalui proses pembelajaran berdasarkan ketrampilan proses, antara lain dengan mengamati, mengelompokkan, menafsirkan, menerapkan, merencanakan penelitian dan mengkomunikasikan . Dalam hal ini, hasil belajar merupakan salah satu bentuk penerapan keterampilan proses dalam pembelajaran yang sangat penting karena dalam proses pembelajaran maupun penyelesaiannya, peserta dimungkinkan memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki untuk diterapkan pada hasil belajar. Kegiatan hasil belajar masih dianggap sebagai bahan yang sulit dalam matematika, baik bagi peserta didik dalam mempelajarinya maupun bagi guru dalam mengajarkannya. Sama seperti halnya yang telah dialami peserta didik di MTs Darussalam, sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan dalam menghadapi soal hasil belajar khususnya pada materi sistem himpunan. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar berlangsung dimana guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami sendiri apa yang telah dipelajari. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Mengetahui pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar. 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan ketrampilan proses terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental-sungguhan (true-experimental research) dan menggunakan uji T-test. Adapun tempat penelitiannya di MTs Darussalam Kademangan. Data dikumpulkan dengan metode: 1) Tes, yaitu untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah berupa soal uraian. 2) Dokumentasi, yaitu untuk mengatehui data nama peserta didik kelas VII dan data tentang MTs Darussalam Kademangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan pendekatan ketrampilan proses terhadap hasil belajar materi pokok himpunan kelas VII di MTs Darussalam tahun ajaran 2016/2017. Hal tersebut dapat dilihat pada analisis uji T-test menggunakan aplikasi statistik SPSS 16.0 diperoleh nilai t_hitung = 5,244 > 1,995 = t_tabel dan nilai taraf sig. = 0,000 < 0,05. Jadi berdasarkan hasil analisis uji ini disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan ketrampilan proses terhadap hasil belajar materi pokok himpunan kelas VII MTs Darussalam tahun ajaran 2016/2017. 2) Berdasarkan perhitungan nilai effect size (d) =1,26 interpretasi pada tabel Cohen’s menyatakan presentase pengaruh sebesar 88% hal tersebut menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar materi himpunan kelas VII MTs Darussalam kademangan tahun ajaran 2016/2017 tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133081 IKA NUR ARIFFIYANTI SEPTIANA
Date Deposited: 25 Aug 2017 03:19
Last Modified: 25 Aug 2017 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5752

Actions (login required)

View Item View Item