IVENA SALSABIL MUNIR, 126308212172 (2025) PENGARUH BODY IMAGE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PRODUK KOSMETIK PADA MAHASISWI DENGAN UANG SAKU BULANAN SEBAGAI VARIABEL MODERATOR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (774kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Body image terhadap Perilaku Konsumtif Produk Kosmetik pada Mahasiswi dengan Uang Saku Bulanan sebagai Variabel Moderator” ini ditulis oleh Ivena Salsabil Munir, NIM. 126308212172, dengan pembimbing Dr. Zun Azizul Hakim, M.Psi., Psikolog Kata Kunci: Body image, Perilaku kosumtif produk kosmetik, uang saku bulanan Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh body image terhadap perilaku konsumtif produk kosmetik pada mahasiswi Program Studi Psikologi Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan uang saku bulanan sebagai variabel moderator. Data diperoleh dari 255 mahasiswi dengan kriteria purposive sampling, yaitu jenis kelamin perempuan, berusia 18-25 tahun, mahasiswi aktif jurusan Psikologi Islam berkuliah di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, serta membeli dan menggunakan produk kosmetik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berbasis skala likert yang disebarkan melalui Google Form. Analisis data menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi non linear dibantu IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa body image memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif produk kosmetik, dengan koefisien regresi -2,394 dan signifikansi 0,001 (< 0,05) yang menunjukkan semakin tinggi tingkat body image, maka semakin rendah perilaku konsumtif produk kosmetik. Sebaliknya, semakin rendah tingkat body image, maka semakin tinggi perilaku konsumtif produk kosmetiknya. Namun, hubungan tersebut bersifat non linear dan berbentuk kuadratik. Namun, uang saku bulanan tidak berfungsi sebagai variabel moderator dengan signifikasnsi 0,136 (> 0,05). Penelitian ini merekomendasikan eksplorasi variabel tambahan yang relevan dalam penelitian mendatang untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif, serta dapa menggunakan pendekatan metodologi yang beragam dan populasi yang lebih luas agar hasilnya lebih representatif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi Psikologi > Psikologi klinis |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 126308212172 IVENA SALSABIL MUNIR |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 01:11 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 01:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57649 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |