STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM PASCA PANDEMI COVID-19 GRIYA OLEH-OLEH VIKA TRENGGALEK

ZULIYA PUSPITA SARI, 12402193102 (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM PASCA PANDEMI COVID-19 GRIYA OLEH-OLEH VIKA TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (976kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (385kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Usaha Untuk Meningkatkan Penjualan pada UMKM Pasca Pandemi Covid-19 Griya OlehOleh Vika Trenggalek” ini ditulis oleh Zuliya Puspita Sari,NIM. 12402193102. Pembimbing: Dr. Sutopo, M.Pd. UMKM, terutama di Trenggalek, Indonesia, berperan besar dalam pertumbuhan ekonomi. Mereka membuka lapangan kerja, mendukung PDB, dan memberikan jaring pengaman bagi masyarakat dengan pendapatan rendah. UMKM, seperti Usaha Griya Oleh-Oleh Vika Trenggalek, memproduksi makanan khas Trenggalek. Namun, pandemi Covid-19 mengubah segalanya. Penjualan menurun, permodalan terhambat, dan kesulitan memasarkan produk menjadi masalah besar bagi pelaku usaha seperti Mbak Vika. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi meningkatkan kualitas produk usaha UMKM pasca pandemi, 2) Untuk mengetahui strategi meningkatkan produksi usaha UMKM pasca pandemi, 3) Untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukanMbak Vika untuk mengembangkan UMKM pasca pandemi pada Griya Oleh-Oleh Vika Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriprif melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan sumber data pimer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi secara langsung di Griya Oleh-Oleh Vika Trenggalek. Tepatnya di RT 08, RW 03, Desa Semarum, KecamatanDurenan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Strategi untuk meningkatkan kualitas produk usaha UMKM Mbak Vika yaitu produk harus memenuhi atau melebihi standar kualitas yang berlaku, baik standar industri maupun standar nasional atau internasional yang berlaku dan memilih bahan baku yang berkualitas tinggi untuk memastikan produk akhir memiliki daya tahan yang baik dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan. 2) Strategi untuk meningkatkan produksi usaha Mbak Vikayaitu melakukan upaya monitor dan penyesuaian diri, peningkatan produksi seiringupaya pemantauan atau analisis melalui pemasaran digital. 3) Strategi untuk meningkatkan promosi usaha UMKM Mbak Vika yaitu melakukan promosi dengan maksimal, di era teknologi ini misalnya juga memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi menuju ke arah yang lebih luas. Kemudian promosi yang dilakukanyaitu melalui media sosial Facebook dan whattsap. Kata kunci: Strategi pengembangan, UMKM dan Pandemi Covid-19

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193102 ZULIYA PUSPITA SARI
Date Deposited: 02 Jun 2025 04:16
Last Modified: 02 Jun 2025 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57703

Actions (login required)

View Item View Item