YOHANA RAMADHANILA MAYORI, 126209213121 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING TERHADAP MINAT DAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DUNIA KELAS XI SMAN 1 SRENGAT KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (993kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (649kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (871kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (972kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (972kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (559kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Peer Teaching Terhadap Minat Dan Pemahaman Belajar Siswa Pada Materi Persebaran Flora Dan Fauna Dunia Kelas XI SMAN 1 Srengat Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Yohana Ramadhanila Mayori, NIM 126209213121, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Hendra Pratama, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Peer Teaching, Minat Belajar, Pemahaman Belajar Penelitian ini dilatar belakangi minat belajar yang rendah dan pemahaman belajar yang rendah di SMAN 1 Srengat. Hasil observasi disekolah minat rendah disebabkan oleh kurangnya ketertarikan siswa dan perhatian siswa terhadap pembelajaran dan kurangnya keterlibatan siswa dalam bertanya dan berpendapat pada pelajaran geografi berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dalam pelajaran tersebut. Sehingga dalam hal tersebut membutuhkan perhatian khusus dari guru maupun orang tua agar memberikan Pendidikan yang ekstra untuk siswa-siswi agar lebih tertarik untuk belajar untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman belajar mereka, baik dirumah maupun disekolah. Rumusan masalah yang di teliti pada penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh model pembelajaran peer teaching terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 1 Srengat. 2) Adakah pengaruh model pembelajaran peer teaching terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 1 Srengat. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran peer teaching terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 1 Srengat 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran peer teaching terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 1 Srengat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif Quasi Experimen. Populasi penelitian ini yakni semua siswa jurusan IPS kelas XI SMAN 1 Srengat. Sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI-C1dan kelas XI-C2 yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalan uji-t (Independent sample t-tes). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Model pembelajaran peer teaching berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada materi persebaran flora dan fauna dunia kelas XI SMAN 1 Srengat, dibuktikan dari perolehan nilai peroleh Sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. 2) Model pembelajaran peer teaching berpengaruh terhadap pemahaman belajar siswa pada materi persebaran flora dan fauna dunia kelas XI SMAN 1 Srengat, dibuktikan dari perolehan nilai peroleh Sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209213121 YOHANA RAMADHANILA MAYORI |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 07:58 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 07:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57791 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |