FATHIA KHOIRIN, 126210202071 (2024) NILAI PERJUANGAN TOKOH UTAMA PADA NOVEL SAVANNA DAN SAMUDRA KARYA KEN TERATE SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Nilai perjuangan merupakan suatu keberhasilan seseorang dalam berusaha menghadapi tantangan atau permasalahan hidup. Untuk menghadapi tantangan tersebut harus melalui usaha atau perjuangan yang dilakukan. Salah satu novel yang banyak mengandung nilai perjuangan yaitu novel Savanna dan Samudra karya Ken Terate. Pada tokoh Savanna, banyak sekali digambarkan tentang perjuangan hidupnya dalam menghadapi cobaan. Perjuangannya tersebut meliputi rela berkorban, menghargai, persatuan, semangat pantang menyerah, dan juga kerja sama. Mengingat nilai perjuangan tokoh yang dilalui Savanna ini begitu banyak, maka novel tersebut bisa menjadi sebagai sarana penanaman nilai-nilai perjuangan pada peserta didik. Oleh karena itu peneliti memilih penelitian nilai perjuangan tokoh utama pada novel Savanna dan Samudra sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA. Adapun fokus penelitian ini adalah 1) bagaimana wujud unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam novel Savanna dan Samudra karya Ken Terate? 2) bagaimana wujud nilai perjuangan tokoh utama pada novel Savanna dan Samudra karya Ken Terate? dan 3) bagaimana analisis nilai perjuangan tokoh utama pada novel Savanna dan Samudra karya Ken Terate sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA? Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan struktural genetik. Sumber data berupa novel Savanna dan Samudra karya Ken Terate serta narasumber seorang guru Bahasa Indonesia. Data dalam penelitian ini berupa narasi, dialog, dan monolog tokoh yang mengarah pada bentuk nilai perjuangan tokoh utama serta transkrip wawancara yang telah dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah baca catat, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis teks. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan, nilai perjuangan tokoh utama yang terkandung pada novel Savanna dan Samudra karya Ken Terate terdapat 13 data nilai rela berkorban, 17 data nilai menghargai, 17 data nilai persatuan, 20 data nilai semangat pantang menyerah, dan 12 data nilai kerja sama. Hasil penelitian juga menunjukkan jika nilai-nilai perjuangan tokoh utama dalam novel tersebut dapat dijadikan sebagai bahan ajar pada pembelajaran sastra di SMA terkait mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Novel Bahasa Dan Sastra > Sastra |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210202071 FATHIA KHOIRIN |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 03:34 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 03:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |