AMINATUS ZUHRIAH, 126205212092 (2025) EFEKTIVITAS MODEL MEANS END ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Salah satu model pembelajaran yang inovatif dan relevan untuk meningkatkan keterlibatan aktif dan kemampuan komunikasi siswa adalah model Means End Analysis (MEA). Pentingnya menerapkan model pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada hasil, tetapi juga pada proses berpikir dan interaksi sosial siswa. Oleh karena itu, penerapan model MEA cocok untuk mengembangkan komunikasi interpersonal siswa dalam pembelajaran PPKn. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran MEA untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas IV MIN 5 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran MEA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 5 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran MEA untuk meningkatkan komunikasi interpersonal dan hasil belajar siswa kelas IV MIN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 5 Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling, dengan sampel kelas IV-A sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 peserta didik dan IV-B sebagai kelas kontrol sebanyak 26 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat, dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji Independent Sample t-Test dan uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) Model MEA efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas IV MIN 5 Tulungagung terlihat dari hasil analisis data melalui uji Independent Sample t-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000, ≤ 0,05. (2) Model MEA efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 5 Tulungagung terlihat dari hasil analisis data melalui uji Independent Sample t-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05. (3) Model MEA secara simultan efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal dan hasil belajar siswa kelas IV MIN 5 Tulungagung terlihat dari hasil analisis data melalui uji MANOVA diperoleh sebesar 0,000 ≤ 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212092 Aminatus Zuhriah |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 07:42 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 07:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |