SEVINA YUSHINTA ANJANI, 126209211039 (2025) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN GAMES BASED LEARNING BERUPA ACTION GAME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (873kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Pembelajaran Games Based Learning Berupa Action Game Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Sevina Yushinta Anjani, NIM: 126209211039, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata Kunci: Games Based Learning, Metode Pembelajaran, Keaktifan. Sosiologi merupakan salah satu rumpun ilmu sosial yang mengkaji mengenai perilaku antar individu, antar kelompok, maupun antara individu dan kelompok. Salah satu permasalahan pembelajaran sosiologi adalah siswa kurang aktif dan merasa bosan. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan metode yang tepat dalam pembelajaran. Metode Games Based Learning adalah penerapan pembelajaran dengan bantuan game untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penerapan metode Games Based Learning dapat memacu siswa untuk dapat aktif dalam pembelajaran. Secara umum keaktifan siswa sangat diperlukan untuk ketercapaian tujuan pembelajaran. Implementasi metode Games Based Learning ini dapat menarik minat siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana perencanaan pembelajaran dalam metode pembelajaran Games Based Learning pada mata pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2024/2025, 2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam metode pembelajaran Games Based Learning pada mata pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2024/2025, 3) bagaimana evaluasi pembelajaran dalam metode pembelajaran Games Based Learning pada mata pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2024/2025. Tujuan penelitian mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dalam metode pembelajaran Games Based Learning pada mata pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta dengan desain penelitian menurut Miles dan Huberman. Lokasi penelitian ini di SMAN 1 Boyolangu. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X-2, guru mata pelajaran sosiologi, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan pengamat, triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran sosiologi dilakukan guru dengan menerapkan sembilan dari sepuluh tahap perencanaan menurut teori Dick and Carey yaitu: mengidentifikasi tujuan umum, analisis pembelajaran, mengidentifikasi tingkah laku masukan serta karakteristik siswa, menyusun tujuan performansi, memilih strategi pembelajaran, mengembangkan serta memilih materi pembelajaran, melakukan persiapan desain evaluasi formatif, melakukan revisi bahan ajar dan mempersiapkan evaluasi sumatif. Tahap yang belum dilaksanakan adalah menyusun tes acuan patokan. (2) Pelaksanaan pembelajaran sosiologi dengan metode Games Based Learning berjalan dengan menerapkan empat dari lima teori tahap pelaksanaan menurut Hayu IKa, meliputi: persiapan sesi pemilihan game sesuai topik, penjelasan konsep sesuai topik pembelajaran yang akan disampaikan, sesi permainan, evaluasi sesi. Adapun tahap yang belum diterapkan yaitu merangkum materi. (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan menerapkan seluruh teori tahap evaluasi yang dikemukakan Anas Sudijono, meliputi: menentukan tujuan, menentukan desain evaluasi, verifikasi data, mengolah dan menganalisis data, memberikan interpretasi dan kesimpulan, tindak lanjut hasil evaluasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Ilmu Pengetahuan Sosial > Sosiologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209211039 SEVINA YUSHINTA ANJANI |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 04:21 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 04:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |