FRENIA ANGELA FAIZA, 126206212035 (2025) PENGARUH MEDIA BOOK CREATOR TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN KEAKSARAAN PADA ANAK KELOMPOK A USIA 4-5 TAHUN DI TK AL HIDAYAH KALIREJO. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (783kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Pengaruh Media Book Creator Terhadap Proses Pembelajaran Keaksaraan Pada Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun di TK Al Hidayah Kalirejo ”ini ditulis oleh Frenia Angela Faiza, NIM 126206212035, Pembimbing Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci: Media Book Creator, Pembelajaran Keaksaraan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya media bahan ajar yang dimanfaatkan sebagai sarana mempermudah proses pembelajaran sekaligus mampu memberikan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bagi anak dalam pembelajaran keaksaraan pada kelompok A usia 4-5 tahun di Tk Al Hidayah Kalirejo. Pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas hanya dengan menggunakan media papan tulis dan lembar kerja anak, sehingga membuat pembelajaran kurang menyenangkan bagi anak. Dampaknya membuat anak mendapatkan kesulitan membedakan huruf yang mempunyai kemiripan dalam bunyi dan bentuk, menyebutkan huruf awal ataupun akhir dalam sebuah kata dan menuliskannya. Merujuk pada teori Sumiharsono dalam penggunaan media book creator dapat memberikan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi anak. Karena ia memandang informasi dapat dikomunikasikan melalui penggunaan media pembelajaran audio, visual, dan audio visual, oleh karena itu dalam penelitian ini akan diteliti tentang pengaruh media book creator terhadap proses pembelajaran pada anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK Al Hidayah Kalirejo. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media book creator terhadap proses pembelajaran keaksaraan pada anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK Al Hidayah Kalirejo serta untuk mengetahui persentase efektivitas pengaruh penggunaan media book creator terhadap proses pembelajaran keaksaraan pada anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK Al Hidayah Kalirejo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat yakni uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji independent t-test dan N Gain Score. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa (1) Berdasarkan hasil perhitungan uji independent t-test didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (Ho) ditolak yang menunjukan adanya perbedaan nilai yang signifikan pada penggunaan media book creator, dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan media book creator terhadap proses pembelajaran keaksaraan anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK Al Hidayah Kalirejo (2) Berdasarkan hasil perhitungan N Gain Score didapatkan nilai 76 % yang artinya efektif, sehingga dapat disimpulkan penggunaan media book creator terhadap proses pembelajaran keaksaraan memiliki persentase efektivitas yang signifikan pada anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK Al Hidayah Kalirejo.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206212035 FRENIA ANGELA FAIZA |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 04:07 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 04:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58000 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |