PENGARUH PEMBERIAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI NILAI MATA UANG SISWA KELAS II MI NAHDLATUL ULAMATERPADU SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MIFTAHUL HANIFAH, 126205201021 (2024) PENGARUH PEMBERIAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI NILAI MATA UANG SISWA KELAS II MI NAHDLATUL ULAMATERPADU SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (620kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Pemberian Scaffolding Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Nilai Mata Uang Siswa Kelas II MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Miftahul Hanifah, NIM 126205201021, dengan pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi nilai mata uang dalam pelajaran matematika. Scaffolding, sebagai metode pendukung pembelajaran, dapat membantu siswa mengatasi konsep abstrak seperti nilai mata uang dengan bantuan alat visual dan konkret. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak scaffolding melalui media uang palsu (spesimen) dan kartu bergambar terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian meliputi siswa kelas II MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan hasil belajar setelah penerapan metode scaffolding. Analisis data menggunakan uji deskriptif dan uji hipotesis untuk menilai signifikansi perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan scaffolding dengan media konkret uang spesimen dan kartu bergambar secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi nilai mata uang. Siswa yang awalnya mengalami kesulitan memahami konsep abstrak menunjukkan peningkatan pemahaman setelah intervensi, yang ditandai dengan kenaikan skor rata-rata post-test dibandingkan pre-test. Temuan ini mendukung pentingnya penggunaan media konkret dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Kata Kunci: scaffolding, hasil belajar, matematika, nilai mata uang, sekolah dasar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201021 MIFTAHUL HANIFAH
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:35
Last Modified: 25 Jun 2025 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58061

Actions (login required)

View Item View Item