MIFTAHUL HANIFAH, 126205201021 (2024) PENGARUH PEMBERIAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI NILAI MATA UANG SISWA KELAS II MI NAHDLATUL ULAMATERPADU SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (620kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Pemberian Scaffolding Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Nilai Mata Uang Siswa Kelas II MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Miftahul Hanifah, NIM 126205201021, dengan pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi nilai mata uang dalam pelajaran matematika. Scaffolding, sebagai metode pendukung pembelajaran, dapat membantu siswa mengatasi konsep abstrak seperti nilai mata uang dengan bantuan alat visual dan konkret. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak scaffolding melalui media uang palsu (spesimen) dan kartu bergambar terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian meliputi siswa kelas II MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan hasil belajar setelah penerapan metode scaffolding. Analisis data menggunakan uji deskriptif dan uji hipotesis untuk menilai signifikansi perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan scaffolding dengan media konkret uang spesimen dan kartu bergambar secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi nilai mata uang. Siswa yang awalnya mengalami kesulitan memahami konsep abstrak menunjukkan peningkatan pemahaman setelah intervensi, yang ditandai dengan kenaikan skor rata-rata post-test dibandingkan pre-test. Temuan ini mendukung pentingnya penggunaan media konkret dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Kata Kunci: scaffolding, hasil belajar, matematika, nilai mata uang, sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205201021 MIFTAHUL HANIFAH |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 07:35 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 07:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |