STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN METODE AN-NAHDLIYAH DI TPQ HIDAYATUT THULLAB KENDAL GONDANG TULUNGAGUNG

YOGA WAHYU SAPUTRO, 126201212193 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN METODE AN-NAHDLIYAH DI TPQ HIDAYATUT THULLAB KENDAL GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Metode An-Nahdliyah di TPQ Hidayatut Thullab Kendal Gondang Tulungagung” ditulis oleh Yoga Wahyu Saputro, NIM. 126201212193, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, An-Nahdliyah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan petunjuk bagi umat Islam. Dengan pengajaran Al-Quran pada masa usia dini berfungsi untuk memberikan pengalaman belajar dan membentuk kepribadian atau perilaku anak. Masa kanak-kanak merupakan kesempatan yang sangat tepat untuk membentuk pengendalian agama, sehingga sang anak dapat mengetahui, mana perkara yang diharamkan dan diperbolehkan dalam agama. Selain itu, masa kanak-kanak juga sangat menentukan proses pembentukan akhlak individu dan sosial. Oleh karena itu, guru perlu menentukan strategi yang tepat dalam pembelajaran Al-Qur’an, sehingga selama proses pembelajaran mendapatkan hasil yang maksimal. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an metode An-Nahdliyah di TPQ Hidayatut Thullab Kendal Gondang Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an metode An-Nahdliyah di TPQ Hidayatut Thullab Kendal Gondang Tulungagung?(3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an metode An-Nahdliyah di TPQ Hidayatut Thullab Kendal Gondang Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an metode An-Nahdliyah di TPQ Hidayatut Thullab Kendal Gondang Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an metode An-Nahdliyah di TPQ Hidayatut Thullab Kendal Gondang Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an metode An-Nahdliyah di TPQ Hidayatut Thullab Kendal Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian melalui kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an metode An-Nahdliyah yaitu melakukan pengelompokkan sesuai dengan kemampuan masing-masing santri, serta menyiapkan media pembelajaran sesuai dengan buku pedoman An-Nahdliyah. (2) Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an metode An-Nahdliyah yaitu melakukan implementasi strategi dengan menggunakan sistem klasikal, les privat, dan kelas khusus. (3) Evaluasi strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an metode An-Nahdliyah yaitu dengan melakukan evaluasi harian (Prestasi) dan EBTA jilid (evaluasi setiap akhir jilid untuk naik ke jilid berikutnya).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212193 YOGA WAHYU SAPUTRO
Date Deposited: 18 Jun 2025 02:13
Last Modified: 18 Jun 2025 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58208

Actions (login required)

View Item View Item