LULUK NURLAILI, 126207213141 (2025) MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN SMKN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (543kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra lembaga Pendidikan SMKN 1 Boyolangu" ini ditulis oleh Luluk Nurlaili, NIM 126207213141, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Sukarji, M.Pd. I, NIP. 196410121987031014 Kata Kunci: Manajemen Hubungan Masyarakat, Citra Lembaga Pendidikan. Keberhasilan suatu lembaga pendidikan dalam mencapai tujuannya salah satunya adalah ditentukan oleh kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak hubungan masyarakat (humas) di sekolah yang baik sehingga akan berdampak pada peningkatan citra positif sekolah. Keberhasilan pendidikan sangat tergantung pada hubungan antara sekolah dan masyarakat, dimana kerja sama antar keduanya memiliki dampak signifikan terhadap kemajuan pendidikan secara keseluruhan. Manajemen hubungan masyarakat memiliki peranan penting sebagai mediator antara sekolah dengan publiknya, bertugas membangun citra positif sekolah, mengkomunikasikan program-program unggulan, dan lain sebagainya. Penelitian ini membahas tentang pengelolaan humas di SMKN 1 Boyolangu yang merupakan sekolah kejuruan di kabupaten Tulungagung dengan akreditasi "A". SMKN 1 Boyolangu merupakan SMK Negeri yang manajemen hubungan masyarakatnya sangat luar biasa sehingga citra sekolah menjadi sangat baik. Peneliti dengan ini tertarik untuk mengetahui proses manajemen humas SMKN 1 Boyolangu yang dilaksanakan sehingga citra sekolah menjadi sangat baik di hadapan masyarakat luas. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana perencanaan hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan SMKN 1 Boyolangu? (2) Bagaimana pengorganisasian hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan SMKN 1 Boyolangu? (3) Bagaimana pelaksanaan hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan SMKN 1 Boyolangu? (4) Bagaimana evaluasi hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan SMKN 1 Boyolangu? (5) Bagaimana hasil manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan SMKN 1 Boyolangu? Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu pendekatan penelitiannya adalah kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data adalah dengan kumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan pada penelitian ini adalah dengan triangulasi sumber data, ketekunan pengamatan, dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan SMKN 1 Boyolangu adalah dengan memposting di sosial media sekolah terkait seluruh kegiatan yang ada baik kegiatan internal maupun eksternal. Meningkatkan informasi-informasi yang bisa diakses oleh masyarakat melalui media sosial. Adanya rangkaian terstruktur yang dilakukan sebelum memposting berita maupun kegiatan di media sosial. Sekolah harus mampu menciptakan anak-anak yang siap kerja dan berwirausaha. (2) Pengorganisasian hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan SMKN 1 Boyolangu yaitu bidang kehumasan memiliki bagian tugas dan wewenang masing-masing yang telah terstruktur dengan jelas. Waka humas selaku pimpinan di kehumasan selalu melakukan koordinasi dengan bawahannya. Humas selalu berkoordinasi dengan kepala sekolah, seluruh waka, dan juga tim manajerial. Kegiatan yang dilakukan humas selalu direncanakan, dan dikonsep dengan baik. (3) Pelaksanaan hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan SMKN 1 Boyolangu yaitu melakukan kemitraan atau bentuk kerja sama dengan instansi lain. Sekolah berupaya untuk terus menciptakan kompetensi siswa yang unggul sehingga dapat menghasilkan lulusan yang siap kerja. Humas menekankan pada penguatan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri. Pelaksanaan program kerja humas sesuai dengan visi misi sekolah. Strategi yang dilakukan dalam pelaksanaan humas untuk meningkatkan citra lembaga pendidikan adalah dengan menekankan pada publikasi sekolah ke media sosial dan persiapan yang matang. Pihak kehumasan ditekankan untuk berfokus pada tujuan SMK dan selalu mengetahui pasar (4) Evaluasi hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan SMKN 1 Boyolangu yaitu memastikan bahwa program humas yang berjalan sudah sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Setiap permasalahan maupun kelemahan yang terjadi akan ditindaklanjuti. Pemantauan serta pendampingan dalam setiap pekerjaan. Sekolah mengevaluasi kinerja sumber daya manusia dan mengadakan peningkatan sumber daya manusia yang ada di bidang kehumasan. Mendatangkan guru tamu dengan kriteria sesuai yang dibutuhkan. (5) Hasil manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan SMKN 1 Boyolang yaitu 80% anak-anak di SMKN 1 Boyolangu menjadi lulusan yang siap kerja dan sudah diterima bekerja. Sisanya yang 20% adalah anak-anak yang melanjutkan ke perguruan tinggi dan berwirausaha. SMKN 1 Boyolangu selalu mendapatkan prestasi dalam mengikuti event. Jumlah followers akun instagram SMKN 1 Boyolangu itu adalah yang terbanyak dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain. Sekolah mencapai 12.000 followers dan dengan respon like, share, dan komen yang seimbang di setiap postingan yang di upload. Sekolah memiliki daya jual yang tinggi. SMKN 1 Boyolangu selama ini mendapatkan citra atau pandangan yang baik di mata publik. Dampak yang diperoleh sangat baik, semua program yang dilaksanakan sesuai dengan visi dan misi sekolah. SMKN 1 Boyolangu terus melakukan peningkatan-peningkatan sehingga sekolah tidak akan tertinggal karena mampu mengikuti perkembangan yang ada.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207213141 LULUK NURLAILI |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 02:27 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 02:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58212 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |