HAMDAN YUWAFI NI'AMAH, 126201211027 (2025) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN METODE AN-NAHDLIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI TPQ AL-FALAH SIDEM, GONDANG, TULUNGAGUNG DENGAN MODEL CIPP. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Evaluasi Program Pembelajaran Al-Qur’an Metode An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPQ Al-Falah Sidem, Gondang, Tulungagung Dengan Model CIPP” ini ditulis oleh Hamdan Yuwafi Ni’amah, NIM. 126201211027 dengan pembimbing H. Abdulloh Chakim, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci: Evaluasi Program, Pembelajaran Al-Qur’an, Metode An-Nahdliyah, Kemampuan Membaca, Model CIPP Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kejadian di masyarakat bahwasannya masih banyak ditemukan para santri yang telah mengenyam pendidikan di TPQ belum bisa membaca Al-Qur’an secara baik dan benar. Dengan segala pertimbangan melalui observasi yang mendalam yang seharusnya dipikirkan adalah bagaimana kita mampu untuk mengevaluasi atau bergerak dari dalam agar mampu untuk berorientasi menciptakan hasil lulusan pendidikan yang baik, sehingga memiliki nilai kemanfaatan yang tinggi bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini diharapkan untuk mengevaluasi secara menyeluruh tentang pelaksanaan program pembelajaran Al-Qur’an metode An-Nahdliyah di TPQ Al-Falah Sidem dalam meningkatkan kemampuan santri, dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang mencakup empat aspek utama: (1) konteks, untuk mengetahui latar belakang, kebutuhan, dan tujuan program; (2) input, untuk menilai ketersediaan sumber daya manusia, kurikulum, dan sarana prasarana pendukung; (3) proses, untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran sesuai tahapan metode An-Nahdliyah; dan (4) produk, untuk menilai hasil pembelajaran dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik santri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan tujuan untuk menggambarkan dan memahami secara mendalam pelaksanaan program pembelajaran AlQur’an metode An-Nahdliyah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala TPQ, ustadz/ustadzah, serta wali santri. Analisis data dilakukan dengan pendekatan fenomenologis, yaitu melalui proses reduksi data, penyusunan tema, dan interpretasi makna pengalaman para informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kontekstual, program pembelajaran Al-Qur’an dengan metode An Nahdliyah sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat. Pada aspek input, masih ditemukan keterbatasan dalam pelatihan guru dan sarana pendukung. Proses pembelajaran belum sepenuhnya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) metode An Nahdliyah. Namun, pada aspek produk, kemampuan membaca Al-Qur’an santri menunjukkan peningkatan, meskipun belum merata. Program ini dinilai cukup efektif namun perlu perbaikan dalam implementasi teknis di lapangan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Nahdlatul Ulama Pendidikan Islam Pendidikan Islam > TPA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201211027 HAMDAN YUWAFI NI'AMAH |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 06:20 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 06:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58236 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |